MENUJU || SMART CITY

Oleh: Drs.Sofyan, M.Si Dosen Tetap STIE Mahaputra Riau

Semangat dan keinginan untuk menjadi sebuah Kota yang Smart City merupakan upaya yang terus menerus dilakukan secara berkesinambungan dengan penyusunan Perencanaan Pembangunan di setiap Kota yang ingin menjadi sebuah Kota yang Smart City.

Dalam konsep umum Smart City adalah sebuah kota berkinerja baik dengan berpandangan ke ekonomi, penduduk, pemerintahan,mobilitas dan lingkungan hidup.

Untuk terwujudnya hal tersebut sudah barang tentu dituntut adanya kolaborasi semua pihak yang saling mendukung melalui berbagai penyusunan perencanaan yang tersinkronisasi agar harapan menjadi kota Smart City.

Perwujudan Smart City pada prinsipnya merupakan suatu usaha untuk mengatasi dan menyelesaikan Permasalahan yang terjadi pada masyarakat perkotaan disamping itu diperlukan adanya tuntutan lingkungan masyarakat yang kondusif yang dapat menciptakan geliat sektor ekonomi yang didalamnya memberikan dampak bagi masyarakat perkotaan.

Perwujudan upaya menjadi sebuah kota yang Smart City diawali dengan adanya kesatuan pandangan yang sama antara pemerintah dengan masyarakat bahwa Smart City menjadi cita dan keinginan bersama.

Suatu hal penting menjadi perhatian untuk mewujudkannyan diperlukan adanya kelembagaan, Sumber Daya Manusia ketersediaan sumber dana yang dikelola dengan efektif dan efesien.

Sementara keterbukaan informasi dan komunikasi yang berkaitan dengan perencanaan pembangunan perkotaan menjadi starategis agar nantinya partisipasi atau peran serta masyarakat dapat terbangun dengan baik dalam penyikapi pembangunan perkotaan yang smart city.

Untuk perwujudan tersebut persoalan lingkungan dan budaya juga menjadi titik focus perhatian dengan membuka ruang dialog dengan masyarakat dan mengali infornasi terhadap simpul-simpul yang ada di tengah masyarakat agar berbagai persoalan dan keinginan masyarakat dapat diketahui.

Maka untuk menyusun perencanaan pembangunan menuju sebuah kota yang smart city perlu diawali dengan melaksanakan Sosial Mapping.

Semoga harapan menjadikan sebuah kota yang Smart City dapat terwujud….

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *