Memperhatikan Adat dan Adab Dalam Bekerja

Keberadaan organisasi dalam aktivitasnya diperlukan dan perhatian dan kepedulian pada lingkungan organisasi tersebut berada, hal ini tidak terlepas dari berbagai aspek dalam tatanan yang berlaku di lingkungan organisasi yang dapat berupa adat istiadat yang mengandung nilai-nilai yang dipatuhi masyarakat sejak dahulunya

Dalam perspektif tersebut bagi organisasi pada aktivitas yang berlangsung juga memberikan dampak pada lingkungan masyarakat,sementara itu sumber daya manusia sebagai salah faktor penentu bagi keberhasilan organisasi pada aktifitasnya hendaklah memahami tentang adat istiadat dan adab dalam bekerja, baik di internal maupun ekternal organisasi.

Pemahaman terhadap adat istiadat dilingkungan organisasi diharapakan lingngkungan masyarakat memberikan dukungan atas aktivitas organisasi.

Berkaitan tentang perhatian atas adat istiadat dilingkungan masyarakat, menurut Mahmud (2007 : 180) mengatakan “Adat Istiadat adalah kepercayaan-kepercayaan,pola perilaku,norma-norma yang mengatur tindakan yang diwariskan dari generasi ke generasi”

Melalui pandangan tersebut menunjukan di tengah-tengah kehidupan masyarakat telah terdapat yang namanya aturan dan ketentuan yang berlalu dalam berbagai hubungan interaksi dalam kehidupannya.

Organisasi yang berada dilingkungan masyararakat, secara internal juga terdapat norma-norma dan nilai-nilai yang dipatuhi dengan menetapkan aturan,etika dalam bekerja bagi SDM yang wajib dipatuhi dan juga diiringi dengan pemberian sangsi yang melanggarnya.

Disamping memahami norma-norma,nilai-nilai yang berlaku di organisasi tersebut, Sumber Daya Manusia didalam implementasi kesehariannya adab juga perlu diperhatikan pada interaksi secara internal dan ekternal. Upaya ini dimaksudkan antara memahami adat dan adab menjadi kesatuan dalam tindakan keseharian selama bekerja di organisasi, “Adab adalah norma-norma atau aturan sopan santun yang didasarkan atas aturan agama”(Wikepedia).

Dilihat dari pandangan tersebut memberi gambaran bahwa setiap diri manusia perlu untuk mengetahui, memahami dan melaksanakan adab yang kecil telah disampaikan mulai dari lingkungan keluarga,sosial,pendidikan dan lingkungan masyarakat, sehingga ada kata bijak yang mengatakan ilmu perlu adab, sementara SDM diorganisasi memiliki ilmu sebagaimana tuntutan pekerjaan yang diberikan kepadanya, untuk itu didalam bekerja juga memperhatikann,mematuhi adabnya.

Semoga aktivitas organisasi melalui memanfaatkan Sumber Daya Manusia didalam bekerja dapat memperhatikan dan melaksanakan adat dan adab dalam bekerja,dengan harapan keberadaan organisasi memberikan manfaat bagi kehidupan masyarakat.

Penulis:Drs.Sofyan,M.Si Dosen Tetap STIE Mahaputra Riau

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *