Makna Yudisium

(Penulis:Drs.Sofyan,M.Si Dosen Tetap STIE Mahaputra Riau )

Dalam menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi ada dua hal yang diperjuangkan dan menjadi cita-cita setiap Mahasiswa adalah dapat mengikuti Yudisium dan Wisuda yang menjadi kebanggan Mahasiswa dan orang tua serta keluarga besar Mahasiswa.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ” Yudisium adalah Penentuan (Nilai) Suatu Ujian Sarjana Lengkap di Perguruan Tinggi” semetara itu “Yudisium adah Sebuah Proses Akademik yang mengenai penetapan Nilai dan Kelulusan Mahasiswa dari Seluruh Proses Akademik” (Sumber Laman Universitas Mulia).

Bila dilihat dari pengertian yudisium tersebut dapat dikatakan bahwa yudisium merupakan suatu bentuk penetapan mahasiswa telah menyelesaikan studi di Perguruan tinggi, yang biasanya juga dilakukan acara resmi yang diadakan perguruan tinggi untuk setiap fakultas diperguruan tinggi tersebut.

Bagi Mahasiswa yang ikut Yudisium rasa bangga dan bahagia atas keberhasilan dalam menyesaikan studinya, kegembiraan dan terlihat dari seluruh peserta Yudisium merupakan hal yang wajar karena berbagai perjuangan dan pengorban dalam menyelesaikan studi pada acara Yudisium terobati sudah dengan ikut Yudisium.

Sementara itu pengertian Wisuda menurut Kamus besar Bahasa Indonesia “Wisuda adalah Peresmian atau Pelantikan yang dilakukan dengan Upacara khidmat” dimana acara ini memang di identikan dengan perayaan Kelulusan mahasiswa dari Perguruan Tinggi.

Pada Hari ini Fengki Molek Wirajaya,S.Ked telah di Yudisium pada Fakultas Kedokteran Universitas Tabrani Rab Pekanbaru (22/08/2023) Ananda dari Bapak H.Jasmadi dan Ibuk Hj.Fatmawati ucapan selamat dan sukses atas keberhasilan Anandanya Dan Selamat pula Kepada Frengki Molek Wirajaya,S.Ked diucapkan selamat dan Sukses.yang jelas keluarga Besar Bangga atas Raihan gelar Sarjana Kedokteran yang telah terukir dibelakang namanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *