LOYALITAS

Oleh:Drs.Sofyan,M.Si Dosen Tetap STIE Mahaputra Riau

Pembicaraan tentang kata Loyalitas biasanya berkaitan dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang bekerja ataupun yang menjadi anggota pada Organisasi.

Namun memperoleh SDM yang memiliki loyalitas dalam bekerja juga banyak hal yang perlu diperhatikan organisasi yang salah satunya tujuan SDM bekerja di Organisasi, disamping motivasi dan kepuasan dalam bekerja.

Dalam berbagai literatur manajemen sumber daya manusia, biasanya Loyalitas menjadi salah satu subtansi yang dibahas dan hal ini menunjukan bahwa loyalitas SDM penting dan dibutuhkan organisasi.

Persoalan loyalitas juga berkaitan dengan masalah perilaku SDM didalam bekerja, hal ini disebabkan SDM yang memiliki loyalitas akan memberikan segenap kompetensinya dalam bekerja di organisasi.

Husni Said dan Faisal dalam jurnal Magister manajamen Fakultas Ekonomi dan bisnis Unsyiah yang terbit pada tahun 2018 mengatakan ” Loyalitas berasal dari kata dasar Loyal yang berarti setia. Loyalitas pada dasarnya merupakan kesetiaan, pengabdian dan kepercayaan yang diberikan atau ditunjukan kepada seseorang atau lembaga yang didalamnya terdapat rasa cinta dan tanggung jawab untuk berusaha memberikan pelayanan dan perilaku yang terbaik”

Melalui konsep ini memberikan gambaran loyalitas juga berkaitan dengan adanya kepercayaan kepada pimpinan organisasi dimana SDM bekerja.

Untuk menciptakan SDM yang memiliki loyalitas tidak terlepas pula dengan persoalan kepercayaan terhadap pemimpin organisasi, yang dalam konteks ini pemimpin mampu memenuhi harapan SDM itu sendiri, baik itu dari sisi kompensasi, jenjang karier dan memberikan motivasi yang dapat memberikan kepuasan SDM dalam bekerja nantinya.

Pimpinan organisasi untuk membangun loyalitas SDM dalam bekerja yang tak kalah pentingnya berkaitan dengan memberikan ruang bagi SDM untuk berkomunikasi dengan pimpinan dengan harapan berbagai persoalan yang dihadapi SDM disampaikan kepada pemimpin organisasi.

Sumber Daya Manusia yang memiliki loyalitas, menurut Siswantio (2013 : 41) biasanya akan terlihat dari Aspek “Taat pada Peraturan, Bertanggung jawab dalam bekerja, kemauan untuk bekerja dan Rasa memiliki”

Terdapatnya SDM yang memiliki Loyalitas dalam bekerja jelas akan dapat mempercepat mewujudkan tujuan organisasi…..

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *