Komisi II DPRD Riau Fasilitasi Pertemuan Masyarakat Adat Pantai Raja Dengan PTPN V untuk Temukan Solusi Terbaik

  • Whatsapp
Pertemuan Masyarakat Adat Pantai Raja dengan PTPN V

Ojenews.com Pekanbaru Riau,-Perjuangan panjang masyarakat Pantai Raja Kampar untuk meraih kembali haknya mulai nampak titik terang, kondisi ini diperjelas oleh Ketua Komisi II DPRD Riau Robin Hutagalung SH yang didampingi Sekretaris komisi II Sugianto dalam pertemuan masyarakat adat Pantai Raja dengan PTPN V yang difasilitasi Komisi II DPRD Riau diruang Medium,Kamis (24/6/2021).

Sebgaimana diketahui persoalan ini ditenggarai oleh masarakat adat Pantai Raja mengklaim bahwa dalam HGU PTPN V tersebut terdapat lahan mereka.Perjuangan masyarakat adat ini sudah berjalan lama dan bahkan sampai keKomnas Ham.

Mempedomani pertikaian lahan antara masyarakat adat dengan PTPN V yang belum berkesudahan itu maka Komisi II DPRD Riau melalui Ketua Robin Hutagalung SH yang didampingi Sekretaris komisi Sugianto mempasilitasi pertemuan tersebut.

Pertemuan itu menghasilkan kesepakatan dari masing masing pihak, PTPN V bersedia membangun Kebun Kelapa Sawit pola KKPA setelah Pemkab Kampar menyediakan lahan seluas 400 hektare.

“Karena belum selesai sehingga kita fasilitasi pengaduan mereka, dan kesepakatan masing-masing pihak yang difasilitasi Komisi II DPRD Riau ini menghasilkan 3 poin. Salah satunya, PTPN V bersedia membangun perkebunan kelapa sawit dengan pola KKPA sepanjang lahan tersedia,”kata Bang Robin.

Sebagai mana diketahui awal pertemuan tersebut sempat memanas, kondisi ini ditenggarai alasan Kadisbun yang susah untuk mencari lahan yang diperuntukan bagi masyarakat adat tersebut.Namun suasana tegang tersebut kembali mencair ketika Ketua Komisi II menimpali ucapannya dengan kelakar yang membuat seisi ruangan tertawa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *