Ketua PWRI Dumai Dukung Demo Terkait Penganiayaan Insan Pers

  • Whatsapp

Ojenews.com.Dumai Riau,-Terkait maraknya kasus penganiayaan terhadap insan Pers di Kota Dumai. Ketua Dewan Pimpinam Cabang Persatauan wartawan Republik Indonesia (DPC PWRI) Kota Dumai Dedi Saputra mendukung penuh aksi Forum Lintas Wartawan (FLW) untuk melakukan demonstrasi secara damai pada hari Senin, 27 September 2021 dengan titik kumpul di Mapolres Dumai.

Dedi menegaskan, kekerasan terhadap beberapa orang Jurnalis Dumai ini adalah peristiwa yang sangat memalukan sekaligus memilukan

“Bagaimana tidak, oknum yang tidak bertanggung jawab bisa begitu leluasa melakukan tindakan kekerasan terhadap jurnalis yang pada waktu itu memang sedang bertugas,” ucap Dedi, Minggu (26/9/21).

“Kita ingin agar pihak berwajib segera mengusut tuntas akan permasalahan ini. Semoga kedepannya jangan sampai ada lagi kekerasan terhadap Jurnalis sewaktu melaksanakan tugasnya sebagai kontrol sosial,” pungkas Dedi Saputra.

Semabagai mana di ketahui aksi demo dengan damai ini guna mengantisipasi prilaku kekerasan terhadap wartawan yang tiga bulan belakangan ini marak terjadi di Kota Dumai.

Untuk itu, penting diambil langkah strategis serta upaya kongkrit agar kedepannya peristiwa serupa tidak terulang kembali. Gabungan wartawan yang berada dalam Forum Lintas Wartawan mengagendakan aksi demonstrasi yang akan dilaksanakan pada hari Senin, 27 September 2021 pukul 10.00 WIB dengan titik kumpul aksi di Mapolres Dumai.

Aksi yang digelar sekaligus untuk menyerahkan Pernyataan Sikap Forum Lintas Wartawan kepada pihak kepolisian. Adapun isinya sebagai berikut :

1. Meminta Kapolres Dumai, AKBP Mohammad .Kholid, S.I.K untuk mengusut tuntas deretan kasus kekerasan terhadap jurnalis di Kota Dumai, khususnya yang terjadi 3 (tiga) bulan belakangan ini.

2. Meminta aparat agar memberantas seluruh praktek usaha ilegal (Penampungan BBM dan CPO) serta menindak oknum aparat yang melindungi usaha ilegal tersebut.

3. Meminta jaminan perlindungan terhadap wartawan terkait pelaksanaan tugas jurnalistik serta peliputan pemberitaan di lapangan berdasarkan UU Pers Nomor 40 Tahun 1999 guna terjaminnya hak publik dalam memperoleh informasi yang benar dan akurat.

Untuk itu Dedi mengajak sekaligus menghimbau kepada seluruh wartawan yang ada di kota Dumai turut berpartisipasi datang dalam aksi damai yang di gelar pada tanggal 27 September 2021 mendatang di Polres Dumai,”ajak Dedi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *