Kapolres Rohul Lantik Pengurus Pokearkamtibmas Rohul

Ojenews.com Rohul Riau,-Guna menjaga eksistensi Pemeliharaan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas), Kapolres Rokan Hulu (Rohul), AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIK melakukan pelantikan Pengurus Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokearkamtibmas)

Pelantikan tersebut digelar di Ruang Aula Rupatama Polres Rohul, Desa Suka Maju Kecamatan Rambah, Jumat (15/10/2021), dihadiri Bupati Rohul H Sukiman, Waka Polres Rohul Kompol Adi Prabowo SH SIK MH.

Pengurus Pokdar Kamtibmas Resort Rohul yang dilantik untuk Masa Bhakti 2021-2024, sebagai Ketua, Supratman
Wakil Ketua Hendrik Halawa
Sekertaris Yosep Yanto Siahaan
Wakil Sekretaris Rediun Harianja
Bendahara, Antika Ramayani
Wakil Bendahara Rina Rahayu dan lainnya.

Dalam kesempatan itu, Kapolres menyampaikan fungsi Pokdar Kamtibmas, sebagai Kepolisian terbatas yang mempunyai wewenang, apabila ada permasalahan di tengah masyarakat bisa diselesaikan terlebih dahulu Pokdar Kamtibmas melalui musyawarah.

“Pokdar Kamtibmas harus menjalin kemitraan masyarakat dengan Polri dalam peningkatan kesadaran hukum dan cagah tangkal gangguan kamtibmas,” sebut Orang Nomor 1 di Mapolres Rohul ini.

Lanjutnya, Pokdar itu hadir di tengah masyarakat untuk memberikan suluh dalam meningkatkan kesadaran Kamtibmas dan Hukum, sekaligus menjadi contoh dan teladan bagi Masyarakat.

“Bangun komunikasi dalam memelihara situasi kamtibmas serta mendorong partisipasi masyarakat dalam dalam menumbuh kembangkan daya cegah tangkal dini terhadap segal bentuk gangguan Kamtibmas,” tuturnya lagi.

Kapolres juga mengajak masyarakat untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif. “Jika ada permasalahan yang terjadi, agar kita tidak melakukan tindakan yang main hakim sendiri, karena Pokdar Kamtibmas ini merupakan tugas pengabdian,” sebutnya.

Kapolres Rohul, menegaskan Anggota Pokdar Kamtibmas, agar bisa menciptakan suasana aman dan tertib pada masyarakat “Ini perlu buktinya nyata, kemudian seperti apa konsistensi itu kita untuk mewujudkan,” tuturnya.

“Tentu soal ini, rekan-rekan yang menjawabnya, semua masyarakat kita, harus kita pastikan aman dan nyaman, dengan dilantiknya Pengurus ini, jadi salah satu kekuatan kita semuanya dalam mengelola dan menjaga serta memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat di Rohul,” terangnya.

Di tempat yang sama, Bupati Rohul H Sukiman menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kapolres dan seluruh Anggotanya yang telah berupaya untuk menciptakan suasana aman dan tertib di daerah ini.

“Dengan pembentukan Pokdar Kamtibmas ini, salah satunya upayanya kita, tentunya tugas para Anggota ini cukup berat, untuk menciptakan suatu lingkungan yang aman, damai yang tentram,” katanya.

“Hal itu harus di awali dari diri kita sendiri, bukan dari orang lain, kalau diri kita sudah dapat melakukan serta memberikan contoh,” katanya.

“Seperti apa yang disampaikan Kapolres, berikan contoh di hadapan orang lain, supaya apa yang kita lakukan harus benar-benar sudah sesuai dengan aturan,” ujarnya lagi.

Kemudian, Bupati H Sukiman menerangkan, dalam menciptakan keamanan ketertiban masyarakat, ini mesti harus terbentuk dari diri, kemudian suatu kelompok yang sadar tentang perlunya keamanan ketertiban masyarakat.

“Oleh karena itu tentunya, jaga sikap, perilaku dan ucapan yang terpuji yang harus dihadirkan di tengah masyarakat kita,” imbuh Orang Nomor 1 di Rohul ini

“Untuk kita harap Bapak Ibu bisa menjadi contoh bagi orang lain, jangan kerjakan sebaliknya, kehadiran kita harus menyenangkan, bukan menyusahkan orang, apalagi menyusahkan Polisi,” sebut eks Dandim Inhil ini.

“Oleh karena itu Polisi dan Tentara yang hari-hari sudah dibekali dengan disiplin, untuk itu kita harus menanamkan sikap disiplin, saya bangga ada suatu kelompok yang sudah sadar tentang perlunya keamanan dan ketertiban masyarakat,” ujarnya

Perlu diketahui, sambungnya, kehidupan masyarakat Rohul yang beraneka ragam, Suku, Agama, Ras Golongan, tentu harus saling menghargai antara satu dengan yang lain.

“Insha Allah kita selalu mengharapkan kehadirannya bisa semakin baik dan semakin tumbuh dan berkembangnya keinginan dan kesadaran masyarakat untuk menciptakan keamanan yang tertib dan aman,” tutup H Sukiman

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *