Kades Teluk Aur Non Aktif Muslim Divonis 1 Tahun Penjara

Ojenews.com Rohul Riau
Negeri Seribu Suluk,-Muslim Kepala Desa (Kades) Teluk Aur, Kecamatan Rambah Samo, Rokan Hulu (Rohul), Riau divonis 1 tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Pasir Pangaraian dalam sidang putusan yang digelar pada Selasa 26 Juli 2022.

Terhadap vonis hakim itu, terdakwa Muslim menyebut ‘pikir-pikir’.

“Menjatuhkan vonis penjara terhadap terdakwa Muslim dengan penjara 1 tahun, “dalam putusan majelis Hakim yang diketuai Endah Karmila SH MH dalam sidang itu.

Vonis itu sendiri, naik dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang menuntut Muslim 10 bulan penjara.

Kades Teluk Aur non aktif tersebut dikenakan Pasal 378 KUHP atau tindak pidana Penipuan dan Penggelapan.

Atas putusan hakim itu, Kuasa Hukum terdakwa, Amrizal, SH menyebutkan bahwa pihaknya masih akan berkonsultasi kepada Muslim terkait putusan vonis tersebut.

Menurutnya terdapat hal tak lazim dalam kasus tersebut.

“Ketika Perkara ini dilanjutkan, Disana sudah jelas dan terang bahwa telah dilakukan perdamaian, karna ditingkat penyidikan/kepolisian dan kejaksaan itu ada Restoratif Justice (RJ) atau Penyelesaian Perkara Diluar Persidangan? dan kita sudah upayakan itu, namun sepertinya tidak ada ruang dan kesempatan untuk kita yang diberikan,” ungkapnya.

Diakui Amrizal, bahwa kesalahpahaman antara Kades Teluk Aur, Muslim dengan salah seorang pembeli tanah dalam kasusnya telah melewati tahap perdamaian.

“Persoalan ini murni jual beli, tepatnya Perdata, namun kenapa dialihkan ke kasus pidana?,” tambahnya sembari akan melakukan koordinasi dengan terdakwa terkait langkah lanjutan terhadap vonis itu.

Diketahui kasus ini dilatar belakangi atas jual beli sebidang Lahan Kosong, sekira dua hektar yang dijual terdakwa Muslim senilai Rp. 20.500.000, kepada korban Refina boru Simbolon tahun 2017 lalu adalah lahan milik saksi inisial Patra

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *