Gubri H.Syamsuar Melihat Secara langsung Proses Penanaman Jernang Bersama KTH Desa Air Buluh.

Ojenews.com Kuansing Riau,-
Gubernur Riau H Syamsuar,turun dan melihat langsung pembudidayaan tanaman Jernang di desa Air Buluh, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi, Senin (10/01/2022).

Kunjungan Gubernur Riau beserta rombongan disambut disambut dengan wajah ceria anak-anak SD Air Buluh didampingi gurunya. tak hanya itu kedatangan Gubernur Riau langsung disambut dilokasi kebun pembudidayaan tanaman jernang oleh kepala Desa, Ninik mamak beserta tokoh masyarakat Desa Air buluh pada saat sampai di lokasi

Pada kunjungan Gubernur Riau kali ini, gubri didampingi oleh kadis LHK, Kadis Perindag dan sekretaris dinas perkebunan provinsi Riau, selain itu tampak juga hadir sejumlah pejabat daerah dilingkungan Pemerintahan kabupaten Kuantan Singingi, Yaitu PLT Bupati Kabupaten Kuantan Singingi, Drs. H Suhardiman Ambi Ak .MM dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat daerah (DPRD) Kabupaten Kuantan Singingi Dr Adam Sukarmis

Dengan berjalan kaki sekitar kurang lebih 120 meter dari pinggir jalan menuju lokasi kebun tanaman jernang Gubernur Riau melihat secara langsung proses penanaman jernang bersama kelompok tani hutan (KTH) Desa Air Buluh.

Dalam Sambutannya Orang Nomor Satu di provinsi Riau ini, sangat mengapresiasi Kelompok tani hutan ( KTH) Desa Air Buluh yang sudah Berkontribusi menyelamatkan kawasan hutan didampingi Yayasan Hutan riau salah satu NGO yang sudah mendampingi KTH di kabupaten Kuantan Singingi.

Dalam arahan dan sambutan PLT Bupati Kuantan Singingi dt. Panglimo Dalam Dr. Suhardiman Ambi. M. Ak menyampaikan apresiasinya pada sambutan di areal budidaya tanaman jernang di Desa Air buluh.

“Air Buluh ini adalah desa yang berada di sekitar kawasan Hutan lindung bukit batabuh, Bukit Batabuh ini mulai dari ujung kecamatan Pucuk Rantau terus sampai menyambung ke SM Bukit Rimbang Bukit Baling, tentunya dengan cara ini, hutan tetap bisa kita jaga dengan baik. ujarnya

Sementara dalam waktu yang sama perwakilan Kelompok tani hutan, Mat Gazali juga menyampaikan rasa terima kasihnya atas kunjungan Gubernur Riau di Desa Air Buluh, dan untuk itu kami dari Kelompok tani sangat berharap kepada pemerintah agar tanaman jernang ini menjadi salah satu komoditi yang sangat diperhitungkan selain kelapa Sawit.

Juga pemerintah dapat membuka pasar dari hasil tanaman jernang ini agar ekonomi masyarakat melalui komoditi jernang juga meningkat pintanya

Terakhir, sebelum gubernur Riau meninggalkan perkebunan lokasi pembudidayaan tanaman jernang, Kepala Desa Air buluh, Ardian S. P.di didampingi istri memberikan Oleh-oleh kepada gubernur Riau bibit jernang, produk dari pasak bumi, dan buku “Pugar Belantara Kuansing” buku yang menceritakan kegiatan restorasi kawasan hutan lindung bukit batabuh dan Hutan Lindung sentajo oleh 29 kelompok kerja di 11 desa seluas 5000 Ha.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *