Dinas BMPKB Kabupaten Kuantan Singingi Optimis Percepatan Perwujudan Kabupaten Layak Anak

Ojenews.com Kuansing Riau,-Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Penguatan Jejaring Antar Lembaga Penyedia Layanan Peningkatan Kualitas Hidup Anak Tingkat Daerah Kabupaten/ Kota Kabupaten Kuantan Singingi Tahun 2021, Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan dan Perlindungan Anak Kabupaten kuantan Singingi melaksanakan Percepatan Kuansing Menuju Kabupaten Layak Anak Kamis (9/12 2021) di pendopo Rumah Dinas Bupati Kuantan Singingi.

Berdasarkan Payung hukum Perlindungan Anak UU no 17 tahun 2016 dan UU no 35 tahun 2014 tentang pemerintah Daerah berkewajiban dan bertanggung jawab melaksanakan dan mendukung kebijakan nasional dalam dalam penyelenggaraan perlindungan daerah membangun kabupaten/kota layak Anak.Dan hal ini merupakan urusan wajib non pelayanan Dasar.

Sri Gemala Melayu Kepala Bidang kelembagaan tumbuh kembang dan Pemenuhan Hak Anak provinsi Riau yang sekaligus menjadi Nara Sumber menyebutkan arah kebijakan Kabupaten Layak anak adalah mengoptimalkan Potensi dalam penguatan Kelembagaan Kabupaten Layak Anak, mewujudkan pemenuhan hak sipil dan pengasuhan Alternatif, memastikan terpenuhinya hak kesehatan dasar dan kesejahteraan anak, mengutamakan pemenuhan hak atas pendidikan pemenfaatan waktu luang dan kegiatan budaya serta memastikan pelayanan bagi anak yang memerlukan perlindungan khusus.

Adapun kebijakan Kabupaten Layak anak mempunyai strategis Kebijakan Kabupaten Layak anak yaitu meningkatkan sumber daya manusia dan penguatan peran kelembagaan pemerintah pusat dan daerah dalam pencegahan dan penyediaan layanan, meningkatkan peran orang perorangan ,lembaga perlindungan anak, lembaga kesejahteraan sosial, ormas, lembaga pendidikan, media masa, dunia dan anak melalui advokasi, fasilitasi, sosialisasi, dan adukasi serta meningkatkan sarana dan prasarana yang mendukung pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak parpar Sri Gemala Melayu.

Dari data Skor Kabupaten Layak anak Provinsi Riau kabupaten Kuantan Singingi merupakan kabupaten yang paling terendah dan belum mendapatkan peringkat oleh sebab itu mudah-mudahan tahun mendatang Kabupaten Kuansing masuk dalam daftar mendapatkan peringkat.

Refendi Zukman Disdukcapil kabupaten Kuantan Singingi dalam kesempatan tersebut mengatakan Disducapil kabupaten Kuantan Singingi akan memastikan semua anak di registrasi dan mendapatkan kutipan Akta Kelahiran secara merata.

Saat ini Disdukcapil kabupaten Kuantan Singingi sudah melakukan jemput bola ke Kecamatan dan desa,ujar Refendy

Berdasarkan data rekapan Akte Lahir Anak yang sudah tercetak dan tersebar 96.172 jiwa untuk usia 5 – 17 tahun dari 107.465 Jiwa atau capaian 89.49%. sedangkan untuk Kartu Identitas Anak sendiri yang sudah tercetak dan tersebar ke masyarakat 17.361 jiwa dari 107.465 jiwa dengan persentase 17.49% . Jadi pencetakan dan penyebaran KIA masih jauh dari target Kementerian Dalam Negeri. Untuk itu Pemerintah Kabupaten Kuansing khususnya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil gencar mengajak masyarakat untuk membuat KIA,”tutupnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *