Bupati Inhil Ikuti Rapat Konsultasi Publik Penyusunan RTRW dan KLHS 2022-2024

Ojenews.com Inhil Riau,-Bupati Indragiri Hilir (Inhil) Drs.HM.Wardan mengikuti Konsultasi publik ke-1 penyusunan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Provinsi Riau TH 2022-2024.

Rapat yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Primere Pekanbaru, Kamis (19/5/2022) dibuka lansung Gubernur Riau Drs.Syamsuar, M.Si.

Turut hadir Unsur Pimpinan Forkopimda Provinsi Riau, Deputi Bidang Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kementerian Perekonomian RI, Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, Bupati dan Walikota Se-Provinsi Riau, tim penyusun RTRW dan KLHS RTRW Provinsi Riau, beberapa pimpinan OPD Provinsi Riau, tokoh masyarakat, Perwakilan Kementerian/Lembaga/Instansi/NGO/LSM/Organisasi masyarakat dan Profesi, Akademisi, para perwakilan BUMN, BUMD dan swasta di Provinsi Riau.

Gubernur Riau Drs.Syamsuar,M.Si dalam sambutannya gubernur mengatakan konsultasi publik ini merupakan sarana dialog untuk menjaring seluruh informasi, saran maupun masukan dari berbagai pihak guna menjadi pertimbangan dalam penyempurnaan konsepsi rencana yang telah disusun.

“Oleh karena itu kita harus mampu menjawab tantangan baik lokal dan regional dengan mempersiapkan diri sebaik mungkin dengan kolaborasi, meningkatkan daya saing, serta memanfaatkan berbagai peluang yang ada untuk melangkah maju menuju masa depan yang lebih baik,” ucap Gubri H Samsyuar.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Indragiri Hilir Drs.HM. Wardan dan didampingi Asisten ll Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Kepala Bappeda dan Kadis PU serta beberapa Pejabat Eselon dilingkungan Pemkab Inhil.

Bupati Indragiri Hilir H. M. Wardan mengatakan menyampaikan isu strategis rencana pembangunan di Inhil diantaranya.

“Kita di Inhil rencana Pembangunan kabel listrik bawah laut di kecamatan Pulau Burung, beberapa wilayah pemukiman Masyarakat yang masih banyak termasuk wilayah kawasan hutan, rencana pembentukan kawasan Industri Kuala Gaung di Kecamatan Gaung, Rencana Zona wilayah pesisir, Concong, Pulau Cawan sebagai wilayah lundung, pembentukan kawasan ekosistem di Pulau Batu Kecamatan Concong,” ungkap Bupati Inhil HM Wardan.

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga menyampaikan beberapa wilayah Inhil yang sering terjadi bencana alam berupa lonsor yang menyebabkan perubahan ekosistem.

“Inhil merupakan wilayah pasang surut dan sangat rentan terhadap bencana alam seperti tanah longsor, dengan itu menyebabkan perubahan ekosistem,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *