Bijak dalam Berkomunikasi

Oleh:Drs.Sofyan,M.Si Dosen Tetap STIE Mahaputra Riau

Dalam kehidupan sehari hari kegiatan berinteraksi dengan sesama sahabat, kawan, teman dan keluarga menjadi rutinitas yang tidak dapat dihindari, baik berkomunikasi secara langsung maupun tidak.

Makna berkomunikasi pada hakekatnya menyampaikan informasi dan pesan yang saling dibutuhkan, salah satunya bersilaturahmi diantara sesama menjadi kebiasaan yang dapat dilakukan dalam bentuk mengunjungi langsung ataupun melalui komunikasi tidak langsung dengan memanfaatkan media teknologi informasi dalam berkomunikasi yang semakin canggih dewasa ini.

Dalam menjalin komunikasi tidak langsung, misalnya memanfaatkan WhatsApp, telegram, juga perlu memperhatikan bahasa yang mudah dipahami dan juga perlu dihindari kata-kata yang multi tafsir, dengan harapan tujuan berkomunikasi tersebut dapat tercapai.

Agar terjalinnya komunikasi yang harmonis diantara pemberi pesan dan penerima pesan pada komunikasi tidak langsung hendaknya pemberi pesan bijak dalam sehingga apa yang diinfornasikan dapat diterima dan dipahami penerima pesan.

Kata Bijak dalam kamus besar bahasa Indonesia adalah “selalu mengunakan akal budinya, inti lain kata bijak adalah pandai”

Dalam perspektif berkomunikasi dapat pula dimaknai berkomunikasi perlu menggunakan bahasa yang sopan untuk menghindari ketersinggungann pihak penerima pesan, disamping itu pula tutur kata yang ditulis juga dapat mencerminkan sikap dan kepribadiaan dari pemberi pesan dalam berkomunikasi.

Berkomunikasi dalam bentuk tidak langsung perlu memperhatikan segi etika berkomunikasi dalam arti kepada siapa menyampaikan pesan, kata-kata yang digunakan serta waktu dalam menyampaikan pesan tersebut.

Dalam Websher dictiory yang dikutip Sofyan Harahap “Etika yang merupakan disiplin ilmu yang menjelaska n sesuatu yang baik dan yang buruk, mana tugas dan kewajiban moral,atau bisa saja kumpulan prinsip-prinsip dan nilai moral”

Mencermati makna etika tersebut mengambarkan bahwa dalam terdapat prinsip-prinsip dan nilai moral, dan dalam berkomunikasi diperlukan pemahaman dan saling mengerri tentang hal tersebut bagi kedua belah pihak yakni pemberi pesan dan penerima pesan.

Melalui bijak dalam berkomunikasi dengan memperhatikan etika berkomunikasi diharapkan jalinan interaksi yang berlangsung dapat terjaga dengan baik dan memberikan manfaat bagi semua pihak yang terlibat dalam berkomunikasi…

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *