Berwirausaha || Tantangan dan Peluang ?

Oleh: Drs.Sofyan,M.Si Dosen Tetap STIE Mahaputra Riau

Pertumbuhan dan perkembangan kehidupan masyarakat di era globalisasi dewasa ini dengan berbagai aktivitas juga diringi dengan meningkatnya berbagai kebutuhan masyarakat, baik itu berupa kebutuhan primer maupun kebutuhan skunder yang perlu dipenuhi masyarakat.

Dilihat dari perkembangan masyarakat dan berbagai kebutuhan yang semakin banyak dan komplek memberikan peluang dan prospek untuk memulai usaha yang menjanjikan bila diawali dengan konsep yang jelas dan keberanian untuk memulainya.

Semakin kompetitifnya persaingan dalam meraih peluang usaha sudah barang tentu diperlukan perencanaan usaha yang jelas dan terukur, hal ini jelas berkaitan dengan ketersediaan sumber daya yang dimiliki terbatas.

Keberanian memulai usaha juga tidak terlepas dari keinginan untuk mandiri dengan harapan jika berkembang akan dapat memberikan peluang dan kesempatan kerja bagi angkatan kerja.

Peluang usaha dalam kamus besar bahasa Indonesia diartkan ” Peluang atau kesempatan tertentu yang dapat dimanfaatkan seseorang untuk melakukan atau.membangun usaha”

Dari konsep tersebut rasanya yang menjadi pemikiran bagi pemula dalam berusaha adalah bagaimana memanfaatkan kesempatan yang ada dan usaha apa yang dijalani serta bagaimana memulainya ?

Salah satu hal untuk memulai usaha diperlukan adanya motivasi dalam diri untuk memulai usaha dengan konsep yang sederhana dan tidak padat modal yang nantinya dapat memperkecil resiko bilamana awal memulai usaha mengalami kegagalan.

Untuk menghindari kegagalan dalam berusaha diperlukan semangat yang diiringi dengan adanya pengetahuan terhadap jenis usaha yang akan dibuat, dan hendaknya usaha tersebut bersifat ikut-ikutan disebabkan melihat dan mengikuti saran dari pihak lain yang belum tentu dapat dilakukan, untuk itu perlu memahami potensi diri terlebih dahulu sebelum memulai usaha.

Memang secara teori ada dikatakan bahwa dalam memasaran suatu produk baik berupa barang ataupun jasa diperlukan pemahaman segmentasi, targeting dan posisitioning dengan harapan dapat terhindar dari kegagalan.

Memang peluang berusaha terbuka lebar dalam kondisi saat ini dalam berwirausaha jika menerapkan usaha tersebut tepat dan diminati masyarakat sebagai konsumen sehingga kesuksesan yang menjadi harapan dapat diraih.

Menurut Prawirokusumo yang dikutip Siti Nurhasanah dalam buku Semua orang bisa sukses berwirausaha (2008 : 2-5) mengatakan “Berwirausaha adalah mereka yang melakukan upaya-upaya kreatif dan inovatif dengan jalan mengembangkan ide, dan meramu sumber daya untuk menemukan peluang (opportunity) dan perbaikan (preporatif) hidup”

Dari gambaran konsep tersebut jelas untuk memulai usaha dituntut kemampuan dalam mengembangan ide-ide yang dimiliki untuk dapat menjadi peluang bilamana mampu direalisasikan, disamping dukungan dari berbagai sumber daya yang dimiliki, dan juga semangat untuk memulai usaha menjadi awal untuk berwirausaha.

Keberhasilan meraih peluang pasar atas produk yang ditawarkan kepada masysrakat sebagai calon konsumen nantinya perlu dilakukan survey pasar disamping menambah pengetahuan melalui banyak membaca literatur untuk menambah wawasan yang berkaitan dengan rencana usaha yang akan direalisasikan.

Memulai suatu usaha memang menjadi tantangan tersendiri yang memerlukan keberaniaan serta senantiasa bersikap optimis atas apa yang akan diputuskan untuk memulai usaha dan juga percaya diri bahwa usaha tersebut akan meraih sukses sebagaimana harapan awal dalam memulai usaha…..

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *