Belajar Bersabar….

Oleh: Drs.Sofyan,M.Si Dosen Tetap STIE Mahaputra Riau.

Suatu hal yang lumrah manusia memiliki emosional yang perlu dikendalikan dalam diri pada saat menghadapi berbagai persoalan yang kadang kala tidak menemukan titik temu sebagai solusinya, dalam situasi tersebut diperlukan suatu kesabaran.

Belajar bersabar dan melatih kesabaran diperlukan agar dapat memberikan ketenangan dalam menjalani dan menghadapi berbagai masalah, dan ada pula yang mengatakan pengalaman dalam menjalani kehidupan akan membantu agar lebih sabar.

Kata sabar merupakan kata kata Adjektive atau kata Sifat, dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) ” Kata sabar mengandung makna ; 1).Tahan menghadapi cobaan (tidak lekas marah,tidak lekas putus asa,tidak lekas patah hati).2).Tenang, tidak tergesa-gesa,tidak terburu nafsu”

Dalam kaitan kata sabar sebagai kata sifat, sering kita mendengar ungkapan kata Sabar yang biasanya bilamana teman,sahabat atau kerabat mendapat musibah maupun cobaan yang suatu masa dapat pula terjadi pada kita.

Menurut Yusuf (2010) Mengatakan ” Sabar adalah kemampuan dalam mengatur,mengendalikan,mengarahkan (pikiran,perasaan dan tindakan)serta mengatasi berbagai kesulitan secara Komprehensif dan integratif”

Melalui pengertian tersebut, dapat dikatakan kemampuan pengendalian diri dalam bersikap dan bertindak dapat merupakan ukuran suatu kesabaran yang ada dalam diri.

Kadang-kadang ungkapan kata bersabar mudah diucapkan,namun kita lupa makna yang terkandung didalamnya, semoga kesabaran ada dalam diri kita…

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *