AMBISI

Oleh: Drs.Sofyan,M.Si Dosen Tetap STIE Mahaputra Riau

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia makna kata Ambisi adalah keinginan yang besar untuk meraih sesuatu dan tujuan tertentu. Keinginan yang besar bisa dikatakan hasrat untuk meraih sesuatu yg diinginkan menjadi hal yg normal dalam diri setiap manusia.

Namun perlu diperhatikan cara dan proses untuk menperolehnya menjadi persoalan yang kadang kala dapat diperbincangkan bilamana dirasa ada kejanggalan dan penyimpangan diluar batas kewajaran.

Ambisi untuk meraih sesuatu yang didambakan,Apakah itu jabatan,harta, kedudukan akan dapat mengangkat status sosial dan derajat manusia. Untuk itu meraih keinginan dituntut perjuangan dan awalilah degan kejujuran,keterbukaan,sportifitas.
Apalagi ambisi atau keinginan tersebut juga menjadi incaran orang lain yg berkeinginan juga mendapatkannya.

Kadang-kadang terlalu ambisi disebut ambisius yakni orang yg meraih sesuatu kadang-kadang dengan mengunakan cara-cara yg kurang baik dan saling menjatuhkan.malahan ada juga orang ambisius berupaya menutupi kelemahan dan tindakan masa lalunya utk menarik dukungan dari pihak lain agar bersimpati atas keinginan tersebut.

Malahan kemasan menutupi sesuatu hal dimasa lalu dengan rapi dan baik dapat membuat simpatisan memberi dukungan membabi buta dgn sikap memberikan pembelaan yg berlebihan akibat adanya pemberian janji dan iming-iming dari orang yang ambisius tersebut.

Meraih ambisi perlu bantuan dan dukungan pihak lain untuk memperoleh simpatisan, tapi gunakanlah cara-cara yg baik dan bererika.jangan salah kaprah menjadi simpatisan pelajari dan cermati terlebih dahulu.

Jangan sampai ungkapan “Nasi telah menjadi bubur” disampaikan kepada simpatisan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *