ALMAMATER || ALUMNI

Oleh:Drs.Sofyan,M.Si Dosen Tetap STIE Mahaputra Riau

Dua kosa kata Alamamater dan Alumni senantiasa ada di setiap Perguruan Tinggi, disamping ada pula yang namanya Sivitas Akademika.

Perguruan Tinggi sebagai suatu lembaga pendidikan tinggi yang melakukan proses belajar mengajar yang didukung dengan sarana dan prasarna proses pembelajaran bagi mahasiswanya.

Memang meraih Gelar Sarjana memerlukan proses perjuangan bagi mahasiswa sebagaimana pilihan pada saat masuk di Perguruan tinggi.

Berbagai jenis mata kuliah disetiap semester merupakan proses transpormasi ilmu pengetahuan yang diberikan para dosen yang memiliki ukuran untuk keberhasilan mengikuti mata kuliah tersebut, mulai dari kehadiran, tugas mandiri dan kelompok, ujian tengah semester dan ujian semester yang nantinya mahasiswa akan mendapatkan nilai untuk setiap mata kuliah yang diikuti tersebut.

Melakukan penelitian sebagai satu syarat memperoleh Gelar Sarjana juga perjuangan dan banyak suka dukanya dan menjadi kenangan tersendiri bagi mahasiswa di kemudian hari dan sering diceritakan pada saat pertemuan dengan sesama alumni.

Adapun pengertian Almamater menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah “Perguruan Tinggi atau Akademi tempat Mahasiswa pernah belajar dan menyelesaikan Pendidikan”

Dari pengertian tersebut jelas Almamater adalah tempat mahasiswa belajar dan memperoleh ilmu pengetahuan serta memperoleh Gelar Sarjana, sehingga ada ada ungkapan Cinta Almamater .

Perwujudan kecintaan terhadap Almamater dilakukan dengan membentuk wadah organisasi yang dikenal Ikatan Keluarga Alumni yang salah satu tujuannya bukan saja sebagai wadah bersilaturahmi sesama alumni namun juga membuat program mempererat hubungan antara Alumni dengan Almamater dengan berbagai agenda kegiatan dari Ikatan Keluarga Alumni.

Adapun Pengertian Alumni itu sendiri menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah ” Orang-orang yang telah mengikuti atau tamat dari suatu sekolah atau Perguruan Tinggi”

Melihat dari konsep ini jelas terdapat hubungan yang tak terpisahkan antara alumni dengan almamaternya, sebab keberhasilan para alumni di dunia kerja dan ditengah-tengah kehidupan masyarakat tidak terlepas gelar Sarjana yang diperoleh dari perguruan tinggi dimana menuntut ilmu pengetahuan dahulunya.

Semoga keberadaan organisasi Ikatan Keluarga Alumni Memberikan kontribusi positif bagi Almamaternya…

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *