Akhirnya Tuntas, Pembukaan Jalan Perbatasan Rohul Rohil Dengan Swadaya Masyarakat

  • Whatsapp

Ojenews.com Rohul Riau
Negeri Seribu Suluk,-Selasa, 15 Juni 2021. Pengerjaan jalan perbatasan Rokan Hulu dari Desa Rantau Binuang Sakti Kecamatan Kepenuhan menuju Kabupaten Rokan Hilir kepenghuluan Air Hitam dan kepenghuluan Ulak Kumahang saat ini sudah sampai di tepi Sungai Air Hitam Kecamatan Pujud
sepanjang 5 KM dan dari seberang Sungai Air Hitam ke badan Jalan Pemda Rohil di Kecamatan Pujud sepanjang 700 m.

Ismail Dt Podano Montoi sebagai Inisiator pembukaan jalan perbatasan Kabupaten Rohul dan Rohil menjelaskan bahwa pengerjaan jalan perbatasan sepanjang 5 KM tersebut dikerjakan dengan swadaya masyarakat.

“Info perkembangan pengerjaan jalan itu kami dapatkan dari chat WA Yang dikirimkan oleh Sekretaris Kepenghuluan Air Hitam, karna selama ini kami selalu bertukar informasi dan komunikasi dalam perkembanga dan kemajuan pengerjaan jalan itu. komunikasi telah lama kami jalin semenjak 2018 yang lalu sampai saat ini, baik dengan camat Pujut Pak H.Hasyim, anggota DPRD Kab Rohil, Anggota DPRD Prov Riau Dapil Rohil begitu juga dengan camat Kepenuhan, anggota DPRD Kab Rohul serta Anggota DPRD Prov Riau Dapil Rohul, termasuk juga PUPR Kab Rohul Dan PUPR Prov Riau dan sampai saat ini komunikasi intensif tetap kami lakukan,”jelas Datuk.

 

Sedangkan kondisi jalan dari Desa Rantau Binuang Sakti Ke penatasan Rohil sepanjang 2,5 KM sudah bisa di lalui baik pakai sepeda Motor maupun Mobil,”Tambahnya.

Perjuangan pembukaan jalan di perbatasan ini sudah dilakukan semenjak 1 Oktober 2018 lalu, dimana camat, kades, kepenghuluan, tokoh masyarakat dan mahasiswa dua Kabupaten Rohul dan Rohil melakukan audiensi dengan Kadis serta Staf PUPR Provinsi Riau di ruang pertemuan PUPR Prov Riau.Selain itu audiensi juga dilakukan dengan Ketua DPRD Prov Riau dan Anggota DPRD Riau di ruangan Ketua DPRD Provinsi Riau.

“Tujuan audiensi ini adalah membuka akses jalan kedua kabuputen, dikarenakan kedua daerah diperbatasan ini merupakan daerah terisolir dan sering terjadi banjir ketika hari hujan dan air pasang sehingga mengakibatkan penderitaan yang berkepanjangan secara ekonomi, maka nya dilakukan audiensi ini dengan harapan dapat dikerjakan dengan menggunakan dana Bankue Gubernur Riau,namun sampai setakad ini bantuan yang diharapkan itu belum juga kunjung terealisasi. Namun demikian semangat masyarakat terus berkobar untuk membuka akses jalan diperbatasan ini, sekalipun dengan menggunakan dana dari swadaya masyarakat,”kata Ismail.

 

Diharapkan bantuan pemerintah Provinsi Riau untuk menyelesaikan pengerjaan jalan dengan dua Buah Jembatan dapat terealisasi agar jalan perbatasan yang membuka akses kedua kabupaten kembar Rohul dan rohil ini dapat segera tuntas dan difungsikan.

“Kemampuan masyarakat dengan berswadaya tentu sangat terbatas, semoga Pemkab Rohul dan Rohil serta Pemprov Riau bisa duduk bersama dengan wakil Rakyat untuk bisa memberikan kebijakan yang berpihak kepada masyarakat karna akan memberikan banyak manfaat dan faedah jalan dan jembatan ini bisa diselesaikan,”harap sang Datuk.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *