Pelantikan Datuk Dari Suku Mandailiang Nagori Pangian Dihadiri LAM Riau

Ojenews.com Kuansing Riau,-Kuantan Singingi adalah daerah yang kental dengan adat istiadatnya, setiap Kenegerian memiliki 4 suku, dimana di setiap suku memiliki pengurus yang akan menjalankan pemerintahan di suku masing-masing. pada hari Sabtu (22/01/2022) kembali lagi di Lantik Datuk dari suku mandailiang Nagori Pangian, bertepatan di Koto tinggi Pangean, pelantikan Datuk Maruangso dan  Dt. Putiah ini turut di Hadiri Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR).

“Mari kita bangun kuantan singingi di mulai dari menjunjung tinggi adat istiadat,” ucap Ketua LAMR Dt. Seri Febri Mahmud,Minggu (23/01/2022).

Kuantan Singingi ini kita tau kental dengan adat istiadat, dengan bukti ada 3 koto di bagian Hilir, 1 koto di bagian tengah dan 3 Koto di bagian hulu. Dalam setiap kanagorian yang ada terdapat berbagai suku-suku, Pada setiap suku terdapat penghulu yang di tunjuk sebagai Pemimpin suku itulah aturan dalam masyarakat kanagorian. jabatan penghulu ini menjabat sampai meninggal dunia atau sampai saat dirasa tidak mampu mengemban amanah lagi.

“Adat perlu kita junjung tinggi, karna kuantan Singingi kental dengan adat istiadat nya,”ucap ketua Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Febri Mahmud.

Lebih lanjut Febri mengatakan, mari sama-sama kita bangun Kuantan Singingi mulai dari mencintai adat istiadat, Karena kita tau kuantan Singingi kaya dengan adat, adat peninggalan leluhur kita terdahulu yang mengatur segala aturan yang ada dalam wilayah yang di sebut Kanagorian. Dengan di Lantiknya Dt. Maruangso dan Dt. Putiah Suku Mandailing Nagori pangain ini, semoga Datuk mampu membimbing suku Mandailing ke arah yang di inginkan,” tutup Febri.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *