Unit Usaha BUMDesa Iliran Gemilang

Ket: Jasa sewa pompong sangat membantu masyarakat dalam mengangkut hasil pertaniannya

INHIL– Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan instrumen pendayagunaan ekonomi lokal dengan berbagai ragam jenis potensi. Pendayagunaan potensi ini bertujuan untuk peningkatan kesejahteraan ekonomi warga desa melalui pembangunan usaha ekonomi mereka.

Badan Usaha Milik Desa(BUMDesa) Iliran Gemilang yang terletak di desa Iliran kecamatan Gaung Anak Serka(GAS) menjadi pelopor pembangunan ekonomi desa yang berorientasi pada pelestarian lingkungan hidup, mengembangkan jaringan kemitraan dalam rangka membangun perekonomian desa berdasarkan prinsip-prinsip BUMDesa, memberikan pelayanan terbaik terhadap pemenuhan kebutuhan ekonomi rumah tangga masyarakat desa, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan ekonomi daerah yang berbasis pada potensi desa dan berorientasi pada kearifan lokal.

Kehadiran BUMDesa ini tentunya berpengaruh besar terhadap peningkatan ekonomi masyarakat desa dan berkontribusi dalam pembangunan desa melalui PAD.

BUMDesa Iliran Gemilang saat ini memiliki unit usaha diantaranya unit usaha penyediaan kebutuhan material bangunan untuk masyarakat maupun desa,selain itu memiliki unit usaha yang bergerak pada bidang jasa sewa transformasi pompong untuk membantu memenuhi kebutuhan masyarakat dalam mengangkut hasil pertaniannya sesuai dengan potensi desa yang ada di desa itu.

Sementara jenis kegiatan usaha yang rencananya akan dikembangkan ke depan, diantaranya Unit Usaha Penampungan Hasil Pertanian/Perkebunan Masyarakat berupa kelapa dan pinang, yang memang menjadi unggulan dan potensi ekonomi desa selama ini.

BUMDes Iliran Gemilang yang terletak di Jalan Tenaga Baru Desa Sungai Iliran ini, dikelola oleh pengurus yang telah ditetapkan melalui Keputusan Kepala Desa Nomor : kpts.10/SI/VII/2019 Tanggal 03 Juli 2019 dengan Direktur, Junaidi.

Ket:Pengangkutan hasil ekonomi masyarakat dengan menggunakan jasa sewa pompong
Ket:Kantor BUMDesa
Ket: Penyediaan material bangunan
Ket: Jasa sewa pompong sangat membantu masyarakat dalam mengangkut hasil pertaniannya

 

Pos terkait