Pemko Dumai Gelar Lampu Colok Ramadan 1445 H/2024 M

Ojenews.com Dumai Riau,-Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) kembali menggelar Festival Lampu Colok se-Kota Dumai Tahun 2024, bertempat di Halaman Masjid Al Idrus Jl. Arifin Ahmad, Tlk. Makmur, Kec. Medang Kampai, Sabtu (06/04/2024).

Festival yang ditaja Bidang Kebudayaan untuk menyemarakkan malam tujuh liko atau malam 27 Ramadan itu, dibuka secara resmi oleh Wali Kota Dumai dalam hal ini diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Syahrinaldi.

Sebagai informasi, hiasan lampu colok merupakan suatu tradisi masyarakat melayu di Riau.

Secara turun-temurun, tradisi ini dilaksanakan pada malam 27 Ramadan atau sering disebut malam 7 liko jelang Hari Raya Idulfitri. Bagi masyarakat tempatan, festival lampu colok memiliki nilai agamis, gotong royong, dan rasa kebersamaan.

Di Kota Dumai sendiri, agar lebih semarak pelaksanaan festival akan dilakukan penilaian oleh dewan juri yang telah ditunjuk, untuk menentukan hiasan lampu colok terbaik yang memiliki nilai estetika dalam bentuk kreasi gambar berupa miniatur yang indah.

Dalam keterangannya, Asisten II Syahrinaldi mengapresiasi dan menyambut baik seluruh pihak yang telah berkontribusi dan berpartisipasi memeriahkan festival lampu colok demi menjaga dan melestarikan khazanah budaya Melayu.

“Alhamdulillah, Festival Lampu Colok Ramadan tahun ini patut diapresiasi, karena antusias masyarakat meningkat dibanding tahun sebelumnya,” ucap Syahrinaldi.(neng).

Pos terkait