Galeri Foto Pawai Taaruf,Pelantikan Dewan Hakim dan Pembukaan MTQ Ke-XXIV Tingkat Kabupaten Rokan Hulu Meriah dan Dihadiri Ribuan Warga Rohul

Ojenews.com Rohul Riau,-Wakil Bupati Rokan Hulu Indra Gunawan melepas secara resmi pawai taaruf dalam rangka pembukaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-24 tingkat Kabupaten Rokan Hulu, Senin (26/2/2024).

Kegiatan pawai taaruf berlangsung meriah dan diikuti ribuan warga.Hadir daqlam kesempatan itu Kapolres Rohul AKBP Budi Setiyono SIK, Dandim 0313 KPR yang diwakili Danramil Rambah, Ketua GOW Rokan Hulu Ny.Sri Yulita Indra Gunawan, Sekretaris Daerah(Sekda)Rohul Muhammad Zaki,S.STP,M.SI, Ketua DWP Rokan Hulu Ny.Siska Irdaningsih Zaki, Kemenag Rohul H.Zulkifli Syarif S.Ag, Seluruh Pejabat Eselon II di lingkungan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu.

Wakil Bupati Rohul Indra Gunawan dalam sambutannya menyampaikan pawai Taaruf merupakan pertanda dimulainya pelaksanaan MTQ ke-24 tingkat kabupaten Rokan Hulu tahun 2024.

“Ini adalah bentuk suka cita kita bersama menandai dimulainya penyelenggaraan MTQ, dengan berbagai ragam kreasi yang inovatif untuk mensyiarkan ajaran agama islam,” ujar Wabup.

Wabup berharap, pawai taaruf ini tidak hanya membuat pelaksanaan MTQ menjadi meriah, namun juga memberikan semangat kepada seluruh peserta dan masyarakat untuk mensukseskan event religius tahunan ini.

Kepala Kantor Kemenag Rohul H.Zulkifli Syarif menjelaskan MTQ ke 24 tahun 2024 akan berlangsung dari tanggal 27 Februari hingga 1 Maret 2024.

Dalam MTQ ini ada 8 cabang perlombaan yang akan dipertandingankan mulai dari anak-anak hingga dewasa.

“Saat ini yang sudah melakukan registrasi sekitar 457 peserta yang akan berlomba di beberapa lokasi lomba yang sudah disiapkan,” ujar kemenag

MTQ tahun ini akan menjadi barometer persiapan Rohul menyongsong pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi yang akan berlangsung di Kota Dumai. Diharapkan melalui MTQ ini dapat menghasilkan Qori dan Qoriah terbaik Rohul.

Usai melepas Pawai Takaruf pada siang harinya, rangkaian acara MTQ ke-24 dilanjutkan dengan acara pembukaan yang berlangsung meriah dan di ditandai dengan Penekanan Tombol Sirine oleh Wakil Bupati(Wabup) Rokan Hulu bersama Unsur Forkopimda dan dilanjutkan dengan Kilauan warna warni Kembang Api yang bertaburan di atas Astaka Purna MTQ ke 24 Dataran Tinggi Pematang Baih, Senin (26/2/2024) Sekira Pukul 22.00 Wib.

Malam Pembukaan MTQ ke 24 Tingkat Rokan Hulu diawali dengan Pawai Devile oleh Kafilah di seluruh Kecamatan se Kabupaten Rohul dan dilanjutkan dengan Tarian Tepak Sirih yang merupakan Tarian Persembahan dalam berbagai agenda kegiatan besar.

Pelaksanaan Pembukaan MTQ ke 24 dimulai dari Laporan dari Ketua Panitia yakni Asisten 1 Setda Rohul H.Fhatanalia Putra yang mana Pelaksanaan MTQ ini berlangsung hingga 1 Maret 2024 dengan 8 cabang perlombaan bagi anak-anak dan Dewasa, yang juga dari hasil MTQ ini akan menjadi ajuan atau utusan nantinya pada pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Riau di Kota Dumai pada April 2024 nanti.

 

Selanjutnya Wakil Bupati H.Indra Gunawan dalam Arahannya menyampaikan Dimana pelaksanaan MTQ ke 24 tingkat Kabupaten Rokan Hulu telah diawali dengan kemeriahan pawai taaruf, pelantikan dewan hakim beserta majelis hakim menjadi pertanda dimulainya perhelatan mtq ke-24 tingkat kabupaten rokan hulu tahun 2024.

“Selanjutnya pada malam yang berbahagia ini kita berkumpul ditempat ini, dengan penuh suka cita, penuh semangat dan antusiasme sebagai bukti bahwa kita memiliki kecintaan yang besar terhadap al quran.” ujar Wabup.

Lanjutnya mengingatkan bahwa Al quran adalah petunjuk yang jelas bagi umat manusia. Dalam setiap ayatnya, al-quran membawa pesan-pesan kebijaksanaan, keadilan, dan kasih sayang yang menjadi landasan bagi kehidupan manusia. Dengan mengamalkan ajaran-ajaran suci yang terkandung dalam al-quran, tentu kita dapat menemukan kedamaian, kebahagiaan, dan keberkahan dalam hidup kita.

Oleh karena itu, Pria yang akrab di sapa Ujang Lurah inipun berharap dengan MTQ ini semoga dapat menumbuhkan spirit dan energi bagi seluruh lapisan masyarakat dan kita semua mampu menjadikan al-quran sebagai pedoman utama dalam setiap langkah yang di ambil dalam kehidupan sehari-hari.

“Mari kita jadikan mtq ke-24 tingkat kabupaten rokan hulu tahun 2024 ini sebagai panggung untuk mempersembahkan yang terbaik bagi al-quran, untuk mencintai-nya, menghayati-nya, dan mengamalkan-nya dengan penuh keikhlasan dan ketulusan hati.” ajak wabup.

Wabup juga mengucapkan Selamat kepada para Kafilah untuk mengikuti MTQ ke-24 tingkat kabupaten rokan hulu, serta mengajak para Kafilah agar dapat memanfaatkan momentum ini untuk menunjukkan pengetahuan, pemahaman, dan pengamalan isi kandungan al-quran.

“Semoga setiap langkah kalian di atas panggung mtq dipenuhi dengan ketenangan, keberkahan, dan keikhlasan. Ikutilah mtq ini dengan sebaik-baiknya sehingga nantinya para kafilah yang luar biasa ini bisa mewakili nama kabupaten rokan hulu di ajang mtq tingkat provinsi riau di kota dumai pada bulan april mendatang.” Doa Wabup kepada Para Kafilah.

Di penghujung sambutannya, Orang No 2 di Rohul ini berjanji akan memberikan Doorprize bagi Juara pertama penghafal Alquran 30 Juz berupa hadiah Umroh ke Tanah Suci Makkah.

Tampak hadir pada malam Pembukaan ini,Dandim 0313/KPR Letkol Inf Setiawan Hadi Nugroho, SH. M.I.P yang di wakili Perwira Penghubung (Pabung) Rohul Mayor Inf Andre Suardi, S. Sos, Kapolres Rokan Hulu AKBP Budi Setiyono, SIK, MH, Kajari Rohul Fajar Haryowimbuko, SH, MH, Kepala Pengadilan Negeri Rohul Rony Suata,SH, MH, Kalapas KLS II B Pasir Pengaraian Bahtiar Sitepu, Ketua pengadilan Agama Kab. Rohul Zulkifli Sarif, SAg, Sekda Rohul M. Zaki, Para Kadis, Para Camat, Para Kades,

Selanjutnya turut hadir Ketua GOW Rohul Ny.Sri Yulita Indra Gunawan, Ketua DWP Rohul Ny.Siska Irdaningsih Zaki, Ketua Bhayangkari Rohul, serta Para Istri Kepala Dinas, Istri Camat, Istri Kades dan Ribuan masyarakat Rokan Hulu.(rat/rls kominfo).

Pos terkait