LKO Kodam V/Brawijaya, Cetak Security Agents yang Kompeten

Ojenews.com Surabaya,-Sebelumnya, latihan kesiapsiagaan operasional atau LKO berlangsung di beberapa Satuan yang berada di wilayah teritorial Kodam V/Brawijaya.

LKO itu, merupakan salah satu bagian dari program yang saat ini digagas oleh pihak Kodam, terutama mencetak security agent yang berkompeten.

“Sebagaimana kita pahami, tamu negara setingkat Kepala Negara atau Pemerintahan sering melakukan kunjungan ke wilayah Jawa Timur. Sehingga, petugas pengamanan VVIP dituntut untuk mampu melaksanakan kegiatan pengamanan terhadap berbagai kegiatan VVIP,” kata Kepala Staf Kodam, Brigjen TNI Agus Setiawan. Senin, 24 Mei 2021 siang di Makodam.

Ancaman pada kunjungan VVIP, jelas Agus, lebih bersifat rongrongan terhadap keselamatan dan kehormatan bangsa. Oleh sebab itu, ia menilai Kodam sebagai Kotama Ops TNI yang memiliki tanggung jawab penuh, diwajibkan harus mampu melaksanakan operasi pengamanan VVIP.

“Karena tuntutan tugas yang sangat dinamis itu, diperlukan standart kemampuan maupun ketrampilan untuk mempunyai kesiapsiagaan operasional setiap saat. Upaya itu, bisa dilakukan melalui latihan kesiapsiagaan,”
tegasnya.

Pos terkait