Kukerta Univrrab Kelompok 13 Kunjungi dan Ikut Mendukung Kampung Kawasan Bebas Asap Rokok

Ojenews.com Pekanbaru Riau,-Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi di Indonesia telah mewajibkan setiap perguruan tinggi untuk melaksanakan Kukerta sebagai kegiatan intrakurikuler yang memadukan tri dharma perguruan tinggi yaitu, pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Salah satu Universitas di Pekanbaru Riau yaitu Universitas Abdurrab yang beralamatkan di Jl. Riau Ujung No. 73, Tampan, Air Hitam, Payung Sekaki Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru Riau, pada 2 Agustus lalu melepas secara resmi 29 kelompok Kukerta mahasiswanya untuk merealisasikan tri dharma perguruantingginya.

Salah satu dari kelompok Kukerta tersebut yaitu kelompok 13 yang diketuai oleh Johan Saka Wikarta yang beranggota 10 orang dengan dosen Pembimbing lapangan Bapak Wahyu Ramadhan, S.Si., M.Sc.

Kelompok ini dalam kegiatan Kukertanya yaitu melakukan kunjungan dan turut mendukung kampung bebas asap rokok di Kelurahan Agrowisata Kecamatan Rumbai Barat Kota Pekanbaru,Selasa (17/8/21).

Kelompok 13 Kukerta Univrrab ini dalam kunjungannya ke-kampung bebas asap rokok Kelurahan Agrowisata tersebut diterima langsung oleh Ketua RT setempat Bapak Abdullatif. Beliau ini merupakan anak dari pendiri kampung.

Abdullatif mengisahkan awal terbentuknya kampung dengan kawasan bebas asap rokok itu bermula dari tekat para pendiri kampung yang menginginkan warga yang tingal di kawasan tersebut terbebas dari rokok yang dapat merugikan kesehatan.

“Awalmulanya para pendahulu pendahulu disini yang salah satunya orang tua kami sebelum pindah kekampung ini pernah punya penyakit paru akibat roko, maka beliau bertekad untuk membebaskan kawasan kampung ini dari asap rokok.Setiap warga yang akan tinggal dan menetap dikampung itu diusahakan tidak merokok,”jelasnya.

Abdullatif juga menjelaskan bahwa warga kampung tetap konsisten untuk tetap menjaga dan melestarikan kampung tersebut sebagai kawasan bebas asap rokok.

“Kami bersama warga lainnya tetap konsisten menjaga kampung ini sebgai kawasan bebas asap rokok, Selain menempatkan simbol simbol dibergai tempat, kami juga akan selalu mengingatkan dengan santun kepada para tamu yang merokok bahwa ini adalah kawasan dilarang merokok,”kata Abdullatif.

Sebagai Ketua RT beliau berharap agar program desa dengan kawasan bebas asap rokok tersebut dapat dipertahankan sampai generasi mendatang.

Sehubungan dengan kegiatan kunjungan Kukerta Univrrab Kelompok 13 ke-kampung bebas asap rokok Kelurahan Agrowisata tersebut, Ketua kelompok Johan Saka Wikarta mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung atas programm kampung dengan kawasan bebas asap rokok.

 

“Kami sebagai mahasiswa dan sekaligus sebagai generasi muda sangat mendukung program kampung dengan kawasan bebas asap rokok ini.Ini sangat tinggi nilai positifnya, ditinjau dari sisi kesehtan, para warga kampung akan memiliki kesehatan paru paru yang baik karena tidak terkontaminasi dengan nekotin rokok.Keuangan warga juga akan lebih terarah penggunaannya dan terhindar dari pengeluaran yang mubazir,”kata Johan Saka Wikarta ketua kelompok 13 ini.

Selain itu, Ketua kelompok 13 Kukerta Univrrab ini juga berharap program kampung dengan kawasan bebas asap rokok yang berada di Kelurahan Agrowisata itu dapat dikenal oleh masyarakat luas dan juga dapat menjadi inspirasi bagi kampung kampung lain dikota ini.

Pos terkait