Koperasi Pajar Sejahtera Gelar Rapat Akhir Tahun di Aula Desa Sungai Mata Mata

Ojenews.com Kayong Utara Kalbar,-Koperasi Pajar Sejahtera mengelar Rapat Akhir Tahun (RAT) di Aula Desa Sungai Mata mata.Rapat Akhir Tahunan (RAT) ini merupakan suatu agenda wajib di dalam kepengurusan koperasi,di dalam rapat tersebut akan memaparkan pertanggungjawaban pengurus koperasi selama satu tahun kepada para anggota koperasi pajar sejahtera.Dalam RAT tersebut disampaikan beberapa laporan tahunan yang perlu diketahui dalam RAT yang merupakan kekuasaan tertinggi dalam organisasi koperasi dibahas untuk dapat dibahas dan sekaligus berdasarkan musyawarah mufakat bersama mendapat pengesahan dari seluruh anggota.

Selain itu ada beberapa paparan serta sensi tanya jawab Antara pengurus anggota koperasi. Dalam konteks koperasi apapun bentuknya koperasi simpan pinjam, koperasi konsumen,dll Keberadaan RAT dalam koperasi Indonesia yang rapat oleh anggota koperasi dan pelaksanaanya diatur dalam anggaran dasar.Ketentuan ini sebenarnya menjadi bagian integral dari koperasi Indonesia yang berlaku untuk seluruh Indonesia.

Keputusan koperasi dilakukan dengan musyawarah untuk mencapai mufakat dan apabila tidak diperboleh dengan keputusan dilakukan dengan musyawarah terbayak atau kita sering mengenalnya dengan voting.

Pengabilan keputusan berdasarkan mufakat dilakukan setelah kepada anggota koperasi yang hadir diberikan kesempatan untuk mengumukakan pendapat atau saran yang kemudian dipandang cukup diterima oleh anggota koperasi sesuai dengan persyaratan kuorum,dan di setujui oleh semua yang hadir.

Rapat anggota koperasi yang salah satunya bersetujuan untuk mengesahkan pertanggung jawaban pengurus sebaiknya diselenggarakan paling lambat 6 bulan setahun tutup buku.

Kamis 25 November 2021 pukul 09:05 WIB telah berlangsung acara Rapat anggota tahunan (RAT) koperasi pajar sejahtera tahun 2021 bertempat di aula desa sungai mata-mata. Hadir dalam acara tersebut Usman Dianto, Adi guna,jahmahri Haka,Pak Bahtiar, Babinsa Pak Burhan,Pak Muhtar, kepala desa sungai mata-mata,dan kopolek mantan hilir Utara, dan anggota koperasi dan masyarakat pajar sejahtera.

Dalam rapat anggota tahunan (RAT) dimulai dengan pembukaan, dilanjutkan kata sambutan dari Pak Adi guna pegawas koperasi Pajar sejahtera bagi perkembangan di wilayah desa sungai mata-mata kita patut bersyukur dan mampu menghasilkan keputusan-keputusan penting dan bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan anggota kedepannya.

Dalam kegiatan simpan pinjam di koperasi Pajar sejahtera ini belum berimbang yaitu dengan Simpan pinjam di koperasi belum maksimal berjalan, memberikan apresiasi kepada pengurus, dan anggota koperasi Pajar sejahtera yang telah melaksanakan rapat Anggota tahunan( RAT) di akhir tahun 2021 ini, yang mana merupakan pertagungjawaban pengurus tahun 2020.

Rapat Anggota tahunan (RAT) yang dilaksanakan saat ini bukanlah kegiatan ceremonial biasa, akan tetapi merupakan amanat undang-undang koperasi dan anggaran dasar koperasi serta sekaligus Rapat Anggota Tahunan (RAT) memberikan laporan keuangan yang disusun oleh pengurus sebagai pertanggung jawaban tahun buku 2020.saya berharap agar prestasi dan kemajuan yang sudah dicapai pada koperasi Pajar sejahtera dapat dipertahankan dan diperkembangkan di masa yang akan datang ukap Adi guna.

Ketua Koperasi Pajar Sejahtera Abdul Samad, menyampaikan dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, yang telah memberikan bimbingan, arahan kepada pengurus koperasi Pajar sejahtera sehingga dapat melaksanakan tugas-tugas serta bisa menyelengarakan Rapat Anggota Tahunan. Mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada para tamu undangan dan segenap anggota koperasi Pajar sejahtera yang telah berkenan memenuhi undangan.Mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua anggota koperasi Pajar sejahtera yang telah memberikan kepercayaan serta partisipasi aktif dalam mengembangkan koperasi Pajar sejahtera ini.

Kami sentiasa berusaha untuk melaksanakan tanggung jawab dalam pengelola koperasi ini dengan sebaik-baiknya dan dengan segenap kemampuan yang dimiliki agar cinta-cita bersama yaitu meningkatkan kesejahteraan anggota benar-benar terujud. Tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada kepala desa sungai mata-mata yang telah berkenan memberikan pinjaman aula ini berserta peralatannya, sehingga koperasi Pajar sejahtera bisa melaksanakan rapat anggota tutup buku tahunan dengan tenang.

Didalam undang-undang Republik Indonesia Nomor 25 tahun 1992 tentang koprasian khususnya di dalam Bab.Vl pasal 30 telah diamanatkan bahwa, pengurus mempunyai tugas untuk mengajukan laporan pertanggung jawaban tentang pelaksanaan tugas yang diberikan oleh para anggota pada Rapat Anggota tutup buku tahun 2020. Pengawasan yang dilakukan meliputi pengawasan langsung dan tidak langsung terhadap kinerja pengurus serta pengawasan bidang administrasi usaha dan keuangan.

Lanjut wakil ketua menjelaskan koperasi pajar sejahtera terdiri dari 45 anggota atau 45 kartu keluarga dan jumlah hektarnya 90 hektar, terdiri dari 7 blok: U 61, jumlah Ha 12,04,tahun tanam 2009, jumlah Pokok 1742, Blok, U 64 jumlah Ha 17,37,tahun tanam 2009,jumlah pokok 2428,Blok, U 65 ,jumlah Ha 6,63, tahun tanam 2009 jumlah pokok 803, blok, U 59 jumlah Ha 0,15, tahun tanam 2010 jumlah pokok 20,blok U 60 jumlah Ha 3,98 tahun tanam 2012 jumlah pokok 560,blok U 62 ,jumlah Ha 19,61 ,tahun tanam 2012 jumlah pokok 2918,blok U 63 jumlah Ha 30,22, tahun tanam 2012 jumlah pokok 3450.

“Hutang bulan Agustus 2020,Rp 4,563,505,392,00 Angsuran :Rp 26,344,300,” ungkapnya Bahtiar dalam dialog, yang berlangsung.

Bujang Asmun dan Sutrianto yang mewakili 40 orang masyarakat menyampaikan, permasalahan hasil dan dasar hukumnya 90 Ha yang direlasikan pihak perusahan kepada masyarakat, yang dikelola oleh koperasi Pajar Sejahtera, dan menurutnya belum jelas.

“Kita atas nama masyarakat mau tau, apa dasar hukumnya palsma Kebun kelapa sawit tersebut hanya 90 Ha yang di relasikan kepada masyarakat, yang diwakili 45 orang atas nama masyarakat, menurut dengan peraturan No 26 tahun 2007 tentang pedaman perizinan usaha perkebunan Kelapa sawit bahwa dalam pasal 11 ayat (1) perusahaan yang memiliki IUP atau IUP-B wajib untuk membangun kebun untuk masyarakat sekitar paling rendah seluas 20%(dua puluh persen perseratus) dari total luas areal kebun yang di usahakan oleh perusahaan tutupnya ” Ujang Asmun.

Pos terkait