Ini Unit Usaha yang Dimiliki oleh BUMDesa Kapila Adhiatama

INHIL – Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) ‘Kapila Adhiatama’ desa Teluk Pantaian terus mengembangkan perekonomian di desa, dalam upaya meningkatkan potensi dan kesejahteraan ekonomi masyarakat desa.

BUMDesa ibi memiliki visi mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan usaha ekonomi kerakyatan dan pelayanan sosial.

Dan misinya, meningkatkan perekonomian desa dan meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonomi desa.

Bumdesa Kapila Adhiatama memiliki beberapa unit usaha diantaranya, unit Usaha Perdagangan penyediaan kebutuhan pokok masyarakat seperti sembako, air Hakim Serta material, unit Usaha BRI-Link yang melayani jasa transfer dan tarik tunai,unit usaha Jada Angkutan mobil melayani sewa mobil untuk angkutan hasil pertanian dan lainnya.

Unit Usaha Gas LPG memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan Gas, Unit Usaha Pengelolaan Kebun Desa, serta Unit Usaha Lapangan Olahraga yang bertugas mengadakan turnamen yang membawa dan memberikan dampak terhadap perekonomian masyarakat.

Jalannya unit usaha tersebut, dikelola oleh pengurus yang ditetapkan melalui Keputusan Kepala Desa, yang menetapkan Hendriyadi sebagai direktur BUMDesa.

Potensi ekonomi yang menjadi penghasilan utama masyarakat Desa Teluk Pantaian, diantaranya kelapa, pinang dan sagu.

Untuk itu,kedepan rencananya akan dikembangkan Unit Usaha Peremajaan Kebun BUMDes yang meliputi kelapa, pinang dan bibit tanaman muda, serta Unit Usaha Penyaluran Gas LPG guna mempermudah kebutuhan konsumsi masyarakat dan Unit Usaha Depot Air Bersih yang memberikan kelayakan kebutuhan masyarakat melalui air bersih.

Ket: Plang nama BUMDesa
Ket: Unit usaha BRI Link milik BUMDesa

 

Ket: Unit usaha jasa sewa mobil milik BUMDesa
Ket: Pengantarak barang kerumah warga oleh pengurus BUMDesa
Ket: Pengantaran barang sembako masyarakat oleh pengelola BUMDesa

Pos terkait