BUMDes Aur Sejahtera Gelar MPTB Tahun Buku 2020

Ojenews.com Rohul Riau

Negeri Seribu Suluk,-Pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Aur Sejahtera, Desa Rambah Samo, Kecamatan Rambah Samo, Kabupaten Rokan Hulu, menggelar Musyawarah Pertanggung Jawaban Tahunan buku 2020 di halaman kantor Desa Teluk Aur, Senin (15/02/2021).

Musyawarah pertanggungjawaban ini, sebagai wujud tanggung jawab dari pengelola BUMDes dalam menjalankan usahanya pada tahun buku 2020, dan melalui pelaporan ini setidaknya memberikan gambaran perjalanan pengelolaan BUMDes Aur Sejahtera dalam mengembangkan usaha-usaha serta sebagai bahan evaluasi dalam membuat kegiatan di tahun berikutnya.

Sebagai mana diketahui bahwa pengurus sengaja membatasi jumlah undangan karena harus menerapkan protokol kesehatan dimasa pandemi Covid-19 ini dan sikap ini meruoakan bentuk dukungan terhadap pemerintah melalui satgas Covid-19 dalam memutus mata rantai penyebarannya.

Gelar MPTB kali ini adalah yang ke-5 kalinya sejak BUMDes Aur Sejahtera dibentuk, dan tetap komitmen berpegang teguh pada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga. Tahun ini BUMDes Aur Sejahtera memperoleh laba besrsih senilai Rp.22.224.152.

“Yang mana Bumdes Aur Sejahtera Desa Teluk Aur telah menyelenggarakan MPTB ini setiap tahunnya dan ini merupakan tahun ke-5

yang mana semua laba ini kita bagikan dan peruntukannya berdasarkan AD-ART BUMDes Aur Sejahtera Desa Teluk Aur,”ujar Zuhairi Dir BUMDe

Alokasi Laba berdasarkan AD-ART BUMDes

1.APBDes 10 persen
2.Cadangan Modal 40 persen
3.Bonus Pelaku 13 persen
4.Doorprice dan MPTB 20 persen
5.Dana Sosial 7 persen
6.Diklat dan Pelatihan 5 persen
7.Inventaris Kantor 5 persen.

Unit usaha yang sudah berjalan
1.simpan pinjam masyarakat
2.EDC Brilink
3.Wisata Embung Desa
4.Kredit Barang.

Pada tahun 2021 BUMDes akan mengembangkan unit usaha tambahan yang mana ini akan menjadi tambahan. Unit yang akan dikembangkan oleh BUMDes diantaranya akan menyediakan alat angkut hasil pertanian desa dan juga akam mengadakan papan bunga yg nantinya akam dikelola oleh Bdesuhairi.(rat).

 

Pos terkait