Workshop Program Imunisasi Lintas Sektor Tingkat Kabupaten Rokan Hulu Tahun 2019

Ojenews.com Rohul Roau.

Negeri Seribu Suluk,-Dalam workshop program imunisasi dengan lintas sektor untuk tingkat kabupaten Rokan Hulu tahun 2019, di Hotel Gelora Bhakti, Senin (17/12/2019) pasir Pangaraian, Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu.

Kegiatan workshop program imunisasi dengan lintas sektor ini di buka secara resmi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hulu,Bambang Triyono.

Dalam sambutan nya mengatakan.”Jadi kita selama ini menjalankan imunisasi dari Dinas Kesehatan aja, dan dari petugas kesehatan. karena seperti itu cakupan kita terutama tahun kemarin kita melaksanakan program imunisasi Mr. Dengan harapan, kerjasama lintas sektor adanya kesepakatan ini kita dari dari MUI, Kemudian dari organisasi kesehatan lainnya dari PKK bersama-sama dan mereka mengetahui bahwa imunisasi ini penting dilaksanakan untuk anak-anak kita,”Jelas Bambang Triyono

Memang tadi sudah disampaikan juga bawa dalam pembuatan awal vaksin itu bersinggungan dengan unsur yang mengandung babi,setelah dilakukan proses itu hasil akhirnya tidak mengandung lagi unsur babi, tapi dari MUI telah mengeluarkan fatwa MUI menyatakan memang vaksin itu haram tapi mengingat pemberian imunisasi ini lebih besar manfaatnya daripada mudhorotnya.

Makanya MUI mengeluarkan bahwa pemberian vaksin Mr itu dibolehkan jadi  tidak menyebut bahwa itu halal,tidak emang disebut haraml, tapi karena mengingat darurat bahwa itu hanya dibutuhkan pada anak-anak tentunya itu dibolehkan untuk pemberian vaksin Mr ini.

Semua imunisasi rutin yang dilaksanakan mulai dari bayi, kemudian booster anak sampai sekolah dasar sampai kelas 1 kelas kelas dua itu diberikan juga imunisasi lanjutanya.

Harapan kita dengan adanya kesepakatan ini cakupan dari program imunisasi yang dilaksanakan di Kabupaten Rokan Hulu ini bisa meningkat dan bisa tercapai target karena harapan kita itu dari semua sasaran minimal harus 95% mencapai target kita sekarang posisi di sekitar 72% jadi dengan harapan kita kesepakatan ini bisa mencapai target yang diharapkan dari Dinas Kesehatan.

Mengharapkan kepada bagi orang tua yang mempunyai balita yang belum melakukan imunisasi kepada anaknya,agar segera dilakukan imunisasi karena ini pencegahan dari penyakit penyakit yang berbahaya yang disebabkan oleh kuman kuman yang berpotensi.

Jadi penyakit yang menimbulkan wabah tentunya itu untuk bayi dari 0 sampai 11 bulan itu pertama BCG pemberian hb0 itu untuk mencegah hepatitis dan DPT HB  1 2 3 kemudian terakhir campak itulah yang wajib diberikan dan itulah imunisasi dasar yang harus diberikan,” tutup Bambang Triyono.(rat).

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Workshop Program Imunisasi Lintas Sektor Tingkat Kabupaten Rokan Hulu Tahun 2019"