Usai Laksanakan Proker Pertama, PSSI Rohul Siap Turunkan 30 Wasit Handal

Ojenews.com.Rohul.Riau.
Negeri Seribu Suluk-Penutupan Kursus Wasit C-3 ASKAB(Asosiasi Kabupaten) Rokan Hulu tahun 2018 yang ditaja oleh PSSI Kabupaten Rokan Hulu siap turunkan 30 Wasit handal untuk menghakimi pertandingan sepak bola di berbagai tournament di kabupaten Rokan Hulu kedepannya. Minggu Sore, 04 Februari 2018.
Disampaikan oleh Ridwan Sinurat, selaku ketua Panitia pelaksana Kursus Wasit C-3 Askab Rohul tahun 2018 ini, bahwasanya di awal kursus di laksanakan, panitia menerima 30 peserta yang berasal dari 3 Kabupaten se-Riau, yakni : Rohul, Kampar, dan Padang Lawas.
Dari hasil kursus selama empat hari, terlihat 30 peserta tersebut mengikuti dengan serius. Alhasil, ketika pengumuman kelulusan di adakan pada hati ini, Minggu(4/02/18) 30 peserta tersebut lulus dengan rata-rata nilai 9.
H.Abdullah, M.Pd selaku Instruktur, turut apresiasi atas keseriusan peserta kursus wasit C-3 ini  dalam mengikuti kegiatan. Ia berharap, 30 peserta kursus wasit C-3 ini akan ikut juga pada kursus wasit C-2 Asprov nantinya.
Kegiatan kursus wasit kali ini bersumber dari dana murni subsidi peserta Kurus Wasit. Aara Kursus ini merupakan Even yang pertama kali dilaksakanakan di Rohul. Kursus wasit ini ditajah selama 4 hari, mulai 1 Februari hingga 4 Februari 2018. di penginapan Putri Bungsu Taman Kota Pasir Pengaraian.
Kursus wasit C-3 ini digelar dengan tujuan untuk menjawab tuntutan organisasi PSSI dan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan. Selain itu, juga untuk menghasilkan wasit yang profesional di bidangnya termasuk menjalin persatuan dan kesatuan, serta perhasabatan antar sesama wasit.
Wasit dilatih dalam sebuah kursus berjenjang. Jenjang pertama seorang wasit yaitu mengikuti kursus C-3 seperti kursus yang di selenggarakan oleh PSSI Rohul pada 4 hari kedepan, yaitu lisensi yang harus diambil wasit pada tingkat dasar. Lisensi ini berlaku untuk memimpin pertandingan level kota atau kabupaten.
Lisensi selanjutnya yang harus diambil Wasit setelah memiliki lisensi C3, yaitu kursus C2 (tingkat Provinsi). Kursus ini hanya boleh diselenggarakan oleh PSSI Tingkat Provinsi. Wasit yang dinyatakan lulus dan memegang lisensi C2 berhak untuk memimpin pertandingan sepakbola tingkat provinsi, seperti Porprov, Popda, Porda atau turnamen-turnamen resmi di tingkat provinsi di mana wasit tersebut aktif.
Setelah memegang lisensi C2, wasit yang ingin melanjutkan jenjang karir di tingkat nasional wajib mengambil lisensi C1, yang hanya diselenggarakan oleh PSSI Pusat. Kursus wasit tingkat nasional ini juga berlangsung sekitar satu minggu dengan materi peraturan permainan dalam Bahasa Inggris.
Ridwan Sinurat selaku ketua panitia kursus Wasit C-3 Askab Rohul 2018 mentakan dalam laporannya, bahwa,
“empat hari sudah kita lewati, maka pada hari ini akan di umumkan hasil atau nilai dari pada peserta kursus wasit C-3 Askab Rohul 2018 ini. Dan pada hari prnutupan ini, kita beritahu, PSSI siap turunkan 30 Wasit handal untuk tournamen tingkat kabupaten nantinya” tandas ketua panitia, Ridwan Sinurat,S.Pd, M.Or
Dijelaskan juga, bahwasanya peserta yang lulus hari ini di bekali dengan 1 pasang baju pelatihan,  2 pasang baju wasit, 1 set bendera wasit dan kartu nya, juga tas wasitnya.
Selanjutnya, Weri Dinata,S.Pd selaku ketua PSSI Rohul menyampaikan bahwa,
“Ini baru program pertama kita, kedepan kita ingin nya bisa laksanakan open tournamen, dan pada open tournamen tersrbut, kita siap turunkan wasit wasit handal yanh sudah kita persiapkan beberapa hari ini” tukasnya.
“inikan program yang pertam kita laksanakan, untuk kegiatan ini kita tidak ada bantuan dari siapa pun, kedepan, kita butuh dukungan dan bantuan dari pemerintah ataupun instusi terkait. Agar PSSI Rohul terwujud jaya dan bisa melahirkan cikal bakal olah raga yang tangguh di sub-bidang sepak bola ini” Harapnya kemudian. (Oje)
author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Usai Laksanakan Proker Pertama, PSSI Rohul Siap Turunkan 30 Wasit Handal"