Updating IDM 11 Desa Tambusai Rampung, Pendamping Serahkan Berita Acara Kepada Camat Tambusai

Ojenews.com Rohul Riau

Negeri Seribu Suluk,-Pendamping Desa Kecamatan Tambusai Padli Hermanto menyerahkan berita acara Updating Indeks Desa Membangun (IDM) di 11 Desa kepada Camat Tambusai, Muammer Ghadafi, Kamis (26/06).

Menurut Padli Hermanto, pelaksanaan Updating IDM itu berdasarkan surat Dirjen Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat Desa No: 315/PR.01.02/VI/2020, yang ditindaklanjuti Dengan surat Bupati Rokan Hulu nomor: 412/DPMPD.PUEM-UM/ 54.08/2020 tentang permintaan Updating Data IDM tahun 2020.

Disebutkannya, salah satu tujuan dari IDM tersebut adalah agar bisa digunakan sebagai basis data pembangunan desa yang menjadi dasar dalam menilai kemajuan dan kemandirian desa.

“Alhamdulillah, Sejak seminggu terakhir disela kesibukan BLT-DD, RKPDes Perubahan, APBDes Perubahan, pemdes se-kecamatan Tambusai disibukkan oleh updating IDM tahun 2020 yang difasilitasi/didampingi oleh Camat Tambusai beserta P3MD Tambusai dalam proses penginputan IDM tersebut sampai rampung, “kata Padli, Kamis (26/06).

Disebutkan Padli, dari Updating IDM tersebut, Hasil yang telah dicapai dari 11 desa yang ada diTambusai sebanyak 4 Desa dikategorikan berstatus Maju dan 7 desa berstatus berkembang.

“Artinya harapan kita untuk tahun kedepannya lebih baik lagi dan hasil yang sekarang sebagai bahan evaluasi bagi seluruh desa yang ada di kecamatan Tambusai,”ungkapnya.

Data Updating IDM ini juga, lanjutnya, akan menjadi gambaran dalam penyusunan perencanaan didesa untuk tahun 2021.tambahnya.

Padli berharap, walaupun sementara hanya 4 desa yang berstatus maju, pihaknya merasa bangga sudah ada peningkatan dari tahun sebelumnya yang hanya 1 desa yang berstatus maju.

Lanjutnya.

“Hal ini menggambarkan adanya kenaikan status desa sejak besarnya Dana Desa yang bersumber dari APBN yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah pusat,”jelasnya.

Sementara Camat Tambusai, Muammer Ghadafi S.Sos memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada P3MD Tambusai dalam menfasilitasi dan mendampingi desa sekecamatan Tambusai mulai dari tahap perencanaan didesa sampai dengan selesai.

Muammer juga berterima kasih atas peran Kepala Desa, BPD, Aparatur Pemerintah Desa, Kelembagaan Desa serta seluruh unsur dalam masyarakat desa dalam semangat ingin membangun desanya.

“Untuk tahun kedepan nya lebih baik lagi dan hasil yang sekarang sebagai bahan evaluasi bagi seluruh desa yang ada di Tambusai.kata,”harap Muammer.(rat).

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Updating IDM 11 Desa Tambusai Rampung, Pendamping Serahkan Berita Acara Kepada Camat Tambusai"