UMRI Terus Dorong Mahasiswa Jadi Usahawan Muda Sukses

Rektor UMRI, Dr. Mubarak, M.Si (pakai kacamata) perlihatkan nota kesepahaman dalam meningkatkan entrepreneur muda dari kalangan mahasiswa.

Ojenews.com, Pekanbaru, Riau-Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) terus mendorong semangat mahasiswanya untuk bisa menjadi entrepeneur (Pengusaha) sejak dibangku kuliah. Supaya lulusannya bisa menciptakan lapangan pekerjaan, sehingga bisa menurunkan angka kemiskinan di Provinsi Riau.

Rektor UMRI, Dr H Mubarak menjelaskan, UMRI sengaja membuat Program Mahasiswa Wirausaha (PWM) dengan tujuan 30 persen lulusannya bisa menjadi pengusaha. Memulai usaha itu dianjurkan dimulai dari daerah sendiri, kemudian baru go internasional.

“PWM sudah berjalan sejak enam tahun terakhir. Alhamdulillah alumni UMRI sudah banyak yang berhasil dalam menjalani bidang usaha masing masing, sehingga telah banyak menyerap tenaga kerja di Riau,” kata Mubarak saat kegiatan pemberian award tahun 2016 di Pustaka Wilayah (Puswil) Riau kepada entrepeneur muda dengan tema entrepeneur muda membangun bangsa, Minggu (18/12).

Mubarak menjelaskan bentuk dorongan dari UMRI yaitu memberikan pembinaan terhadap calon mahasiswa akan tamat. Kemudian melakukan KKN selama empat bulan dan ditambah dua bulan melakukan PMW secara berkelompok. Terkait modal, kebanyakkan dimulai dari kelompok masing masing, lalu bagi kelompok yang sukses akan diberi bantuan modal dari kampus sesuai dengan bidang usaha masing masing.

Sementara sekarang, bidang usaha yang sudah digeluti mahasiswa maupun alumni UMRI diantaranya bergerak dibidang kuliner dan non kuliner seperti jasa. Sementara keuntungan bagi UMRI terhadap pengusaha muda ini yaitu bisa menjadi kebanggaan tersendiri bagi kampus, dan bagi yang berhasil pasti akan memberikan kontribusi kepada universitas.

“Program PMW inilah yang membedakan antara kampus UMRI dengan kampus lain. Kita berusaha mempersiapkan alumnni mahasiswa dengan bekal dan modal yang baik. Sehingga mereka bisa bersaing di dunia kerja. PMW diwajibkan kepada seluruh mahasiswa, karena sudah menjadi kurikulum tetap di UMRI,” jelas Mubarak.

Sementara Kepala Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UMRI, M Ridha Fauzi menjelaskan, kegiatan seminar entrepeneur award 2016 adalah tahun kedua dilaksanakan UMRI. Tujuannya untuk mendorong, mensuport dan memotivasi mahasiswa untuk giat berwirausaha.

Sebelumnya, LPPM sudah membentuk 33 kelompok mahasiswa dan disuruh melaksanakan wirausaha sesuai dengan bidang usaha yang dipahami kelompok tersebut. Lalu dilakukan monitoring, maka dipilih 17 kelompok untuk diminta mempresentasikan bidang usaha yang sudah dijalani.

“Kemudian dipilih 6 kelompok untuk masuk kedalam nominasi penerimaan entrepeneur award. Diharapkan entrepeneur ini bisa melanjutkan bidang usaha sekarang untuk dikembangkan setelah lulus nanti,” kata Ridha.

Salah seorang motifator dari Yogjakarta, Direktur PT Envi Reksatama Engineering, Ir Fajri Rahmi menjelaskan, supaya membuka usaha tentang apa bidang yang dipahami. Kemudian lihat siapa pesaing dan ketahui perkembangan pasar. Terus cari kiat-kiat untuk bisa memulai serta mengembangkan usaha.

Jatuh bangun dalam berwirausaha itu sudah biasa, karena hal ini merupakan dinamika kehidupan. Namun jangan patah hati, sebab tidak mungkin baru memulai usaha langsung maju pesat. Tetapi kesabaran sangat dibutuhkan untuk menuju kesuksesan seseorang didunia usaha.

“Setiap pengusaha itu harus jeli dalam segala hal, sabar, gigih dan memiliki kiat-kiat jitu dalam menjalani usahanya. Kita juga harus mengetahui perkembangan pasar supaya kita tidak ketinggalan. Sehingga kita rugi dalam menjalankan usaha,” terang Agung didampingi Owner Simply Group, Agung Nugroho SH, memotifasi calon alutiuirtritiuoiumni UMRi tersebut. (AA)

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "UMRI Terus Dorong Mahasiswa Jadi Usahawan Muda Sukses"