Tumbuh Kembangkan Karakter Islami Siswa, SMAN 7 Pekanbaru Peringati Tahun Baru Islam Dengan Menggelar Bermacam Lomba

Ojenews.com Pekanbaru Riau
Negeri Melayu Smart Madani,-1 Muharram menjadi salah satu momen yang istimewa karena tanggal ini merupakan tanggal tahun baru umat islam dalam sistem kalender Qomariyah.Sistem kalender ini penanggalan dalam islam yang dilandaskan pada peredaran bulan dalam mengelilingi bumi untuk menentukan awal dan akhir suatu bulan dalam kalender.

Tahun ini 1 Muharram bertepatan pada tanggal 20 Agustus 2020 dan pergantian dari tahun 1441 H menjadi tahun 1442 Hijiriah.Untuk menghormati momen istimewa tersebut dan menumbuh kembangkan karakter islami pada diri siswanya, SMA Negeri 7 Pekanbaru menggelar berbagai lomba. Dimana jenis jenis lomba ini berkaitan erat dengan unsur Islam seperti Lomba Lagu Islami solo, Lomba Dai, Lomba Murottal dan Lomba Azan.

Masing masing juara akan meraih berbagai hadiah termasuk piala yang telah dipersiapkan panitia semarak Muharam SMA Negeri 7 Pekanbaru, seperti yang dituturkan Dr.Hj.Nurhafni,M.Pd kepada Www.Ojenews.com berapa waktu lalu.

Dalam keterangannya Dr.Hj.Nurhafni menyebutkan, momen tahun baru Islam 1 Muharam merupakan momen untuk entrofeksi diri atas kualitas iman dan ibadah kita pada tahun yang telah dilalui dan meningkatkan rasa syukur atas perolehan kesehatan dan keselamatan serta rezki dari Allah.

“1 Muharam tahun ini kita jadikan sebagai momen membentuk karakter Islami dalam diri siswa agar mereka meningkatkan rasa syukurnya atas berkah kesehtan keselamatan dan rezki dari Allah di tahun sebelumnya, demikian juga kualitas iman hendaknya semakin meningkat,”kata Dr.Hj.Nurhafni.

Diharapkannya melalui momen semarak Muharam tersebut dapat memberikan peningkatan kualitas iman dan rasa syukur para peserta didiknya atas rahmat dari Allah Subahanallah Taala.

Dan sebagai mana diketahui Kalender Hijriyah merupakan kalender islam yang dilandaskan pada peredaran bulan dalam mengelilingi rotasi Bumi.Sistem penanggalan yang disebut dengan bulan qomariyah ini senantiasa dilandaskan pada posisi bulan baru atau hilal dalam penentuan awal bulan. Kalender Hijriyah memiliki rentetan sejarah yang cukup panjang dan istimewa bagi umat islam.

Tahun Hijriyah adalah tahun yang didasarkan pada peristiwa Hijrahnya Nabi Muhammad bersama dengan sejumlah sahabat dari Mekkah menuju ke Madinah. Peristiwa yang menyatukan antara muslim dari Mekkah atau yang biasa disebut kaum Muhajirin dan juga Kaum Ansor yang merupakan muslim di Madinah.

Penyatuan atau persaudaraan antara Kaum Muhajirin dan Kaum Ansor menjadi salah satu momen yang sangat istimewa bagi seluruh umat islam. Untuk mengenang peristiwa yang cukup penting ini, maka para Sahabat sepeninggal Nabi Muhammad sepakat untuk menandai peristiwa tersebut sebagai Tahun 1 Hijriyah yang bertepatan dengan tahun Masehi 622.(dy).

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Tumbuh Kembangkan Karakter Islami Siswa, SMAN 7 Pekanbaru Peringati Tahun Baru Islam Dengan Menggelar Bermacam Lomba"