Tumbuh Kembangkan Gairah Kepariwisataan Pekanbaru melalui Peningkatan Kerjasama dan Promosi Potensi wisata

Sekretaris dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pekanbaru H.Ardiansyah

Ojenews.com.Pekanbaru.Riau.
Banda Raya Melayu-Kota Pekanbaru yang merupakan ibu kota Provinsi Riau, hingga setakat ini terus saja melakukan inovasi dalam berbagai aspek potensi. Kota Pekanbaru ini juga terkenal dengan kota perdagangan dan jasa di Riau, karena letaknya strategis, Pekanbaru mempunyai satu bandar udara internasional dan terminal bus antar kota dan antar Provinsi, serta dua pelabuhan di sungai Siak, yaitu Pelita Pantai dan Sungai Duku.

Kota Pekanbaru ini juga punya nilai tambah seperti potensi wisata, kota pekanbaru ini juga memiliki potensi wisata yang berfariatif mulai dari wisata alam, wisata religi, wisata perbelanjaan dan kuliner serta yang takkalah menariknya objek-objek wisata yang merupakan situs sejarah jaman kerajaan kesultanan Siak.

Untuk menumbuh kembangkan gairah kepariwisataan di kota Pekanbaru, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait yakni Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pekanbaru gencar menjalin kerjasama dengan berbagai daerah di Riau serta melakukan berbagai promosi dalam berbagai kesempatan, hal ini seperti yang disampaikan Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Pekanbaru H.Ardiansyah di ruang kerjanya Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pekanbaru Jalan Arifin Ahmat.

Dikatakan, Kota Pekanbaru sebagai Ibukota Provinsi Riau memiliki berbagai potensi wisata yang dapat dikembangkan dan dengan potensi yang ada itu maka gairah kepariwisataan harus kita bangkitkan.

“Sebagai Ibu kota Pekanbaru tentu punya potensi-potensi wisata namun tidak hanya cukup sekedar memiliki potensi saja. Kita harus menumbuh kembangkan potensi itu menjadi sesuatu yang mempunyai daya tarik bagi wisata lokal, maupun domistik bahkan wisatawan manca negara,”urainya.

H.Ardiansyah menjelaskan lebih jauh, untuk menumbuhkembangkan gaira kepariwisataan di kota Pekanbaru pihaknya (Disbudpar-red) melakukan bergai kiat seperti menjalin kerjasama dengan Pekansekawan, kerjasama ini dalam bentuk promosi-promosi.

“Kerjasama dengan berbagai kabupaten dan kota di Riau ini perlu dilakukan, karena selama ini kita berjalan masing-masing dalam melakukan peningkatan gairah kepariwisataan kita. Dengan terjalinnya kerjasama dalama mempromosikan potensi wisata ini diyakini mampu meningkatkan gairah kepariwisataan yang akhirnya dapat meningkatkan geliat ekonomi daerah,” imbuhnya.

Kota Pekanbaru ini menawarkan cukup banyak objek wisata pilihan untuk dapat dikunjungi, diantaranya, tempat-tempat wisata yang bernuansa alam, Sejarah, Religi maupun Kuliner yang tak kalah dengan kota besar lainya di Sumatera.

Mesjid Raya dan Makam Marhum Bukit serta Makam Marhum Pekan

Masjid Raya (foto net)

Mesjid Raya Pekanbaru yang dibangun pada abad ke-18 merupakan mesjid tertua di Kota Pekanbaru, Mesjid yang terletak di Kecamatan Senapelan ini memiliki arsitektur tradisional yang amat menarik. Mesjid ini sekaligus menjadi bukti kerajaan Siak Sri Indrapura pernah bertahta di Pekanbaru, yaitu di masa Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah (Sultan Siak ke-4) dan Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah (Sultan Siak ke-5).

Di areal komplek mesjid ini terdapat makam Sultan Marhum Bukit dan Marhum Pekan. Marhum Bukit adalah nama lain dari Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah (Sultan Siak ke-4) yang memerintah pada tahun 1766-1780.

Di masa kekuasaan Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah inilah Senapelan dijadikan pusat Kerajaan Siak, dibawah pemerintahannya kegiatan perdagangan berkembang pesat sehingga timbullah pemikiran untuk mendirikan sebuah pekan.

Namun ide mendirikan sebuah pekan ini baru terlaksana pada masa pemerintahan Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah (anak Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah). Semenjak saat itu, tepatnya pada tanggal 23 Juni 1784 nama Senapelan mulai tidak dipakai lagi. Senapelan berganti dengan Pekanbaru.

Danau Buatan Khayangan Limbungan

Danau Khayangan Buatan Kota Pekanbaru

Bendungan air yang awalnya dibangun untuk tujuan pengairan ini terdapat di daerah yang dikelilingi oleh perbukitan berpanorama alam indah yang memiliki daya tarik sebagai tempat wisata. Melihat potensi tersebut, tempat ini kemudian dikembangkan sebagai daerah wisata yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan sarana untuk keperluan rekreasi, seperti aneka jenis sepeda air, perahu, restoran, panggung hiburan, taman bermain, cottage dan sebagainya.

Tempat rekreasi ini berjarak sekitar 10 Km dari pusat Kota Pekanbaru dan dapat dicapai oleh angkutan umum. Tak jauh dari sini terdapat pula sebuah lokasi sebagai arena lomba motorcross. *Sumber : Pesona Riau (Dinas Kebudayaan, Kesenian dan Pariwisata Pemerintah Propinsi Riau)

 

Pasar Bawah
Tempat umum yang menjadikan objek dan daya tarik wisata di Kota Pekanbaru adalah wisata belanja. Tepatnya di Pasar Bawah, setelah mengalami kebakaran keberadaan Pasar Bawah di bangun lebih representatif sehingga wisatawan lebih nyaman ketika berkunjung.

Lokasi Pasar Bawah tidak terlalu luas dan merupakan pasar tertua. Berbagai kelengkapan yang dijual di komplek Pasar Bawah, antara lain keperluan sehari-hari, elektronik, alat-alat rumah tangga, pakaian, souvenir berupa keramik yang dijual disini banyak didatangkan dari negara-negara penghasil keramik unggulan dunia seperti Cina, Taiwan, Hongkong dan Italia, dengan harga yang cukup kompetitif. Shopping Center

Kota Pekanabaru Memiliki banyak pusat-pusat perbelanjaan yang terlengkap dan termegah. Diantaranya adalah Mall Pekanbaru, Mall Ciputra, Mall SKA, Plaza Citra, Plaza Senapelan, Plaza Sukaramai, dan Pasar Bawah yang terkenal dengan penjualan keramiknya.

Untuk memudahkan Anda menemukan tempat wisata di Pekanbaru, Riau yang paling indah dan di rekomendasikan untuk didatangi. berikut kami ulas secara singkat beberapa Tempat Wisata di Pekanbaru Terbaru yang Paling Direkomendasikan:
1. Masjid Agung An-Nur
Lokasi: Jl. Hangtuah Ujung, Sumahilang, Pekanbaru Kota

2. Perpustakan Soeman HS
Lokasi: Jalan Jenderal Sudirman No.462, Jadirejo, Sukajadi, Kota Pekanbaru

3. Taman Wisata Alam Mayang
Lokasi: JL. H. Imam Munandar, Taman Alam Mayang, Tengkerang Tim., Tenayan Raya, Kota Pekanbaru

4. Wahana Alam Mayang
Lokasi: JL. H. Imam Munandar, Taman Alam Mayang, Tengkerang Tim., Tenayan Raya, Kota Pekanbaru

5.Labersa Waterpark
Jl. Labersa , Simpang Tiga Bukit Raya , Kota Pekanbaru, Riau Indonesia

6. Jembatan Siak III
Lokasi: Jemb. Siak III, Kp. Bandar, Senapelan, Kota Pekanbaru

7. Stadion Utama Riau
Lokasi: Jl. Naga Sakti, Simpang Baru, Tampan, Kota Pekanbaru

8. Danau Universitas Riau
Lokasi: Jl. HR Subantas KM 12.5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru (ADV/Disbudpar/Komimpo/oje)

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Tumbuh Kembangkan Gairah Kepariwisataan Pekanbaru melalui Peningkatan Kerjasama dan Promosi Potensi wisata"