Tradisi Turun temurun di DPRD Riau dan Catatan Sejarah Anak Jati Negeri Seribu Suluk Isi Unsur Pimpinan DPR

             ( Ismail Dt Podano Montoi )

Ojenews.com Rohul Riau,-Alhamdulillah Wasyukurillah kita panjatkan puji syukur Kepada Allah atas Anugrah dan Hidayah yang Allah berikan kepada anak jati Rokan Hulu Negeri Seribu Suluk, tahniah selamat dan sukses kepada H.Syafaruddin Poti yang In Sha Allah Besok Senin, 15 Februari 2021 akan dilantik secara kenegaraan sebagai unsur Pimpinan di DPRD Provinsi Riau masa sisa waktu 2019-2024 sebagai Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau,kata Ismail Dt Podano Montoi kepada ojenews.com.

Kita patut bersyukur dan berbangga hati sebut Datuk. Prestasi anak jati Negeri Seribu Suluk, dimana di DPRD Provinsi Riau khususnya di unsur pimpinan dalam beberapa dekade ini sudah menjadi tradisi turun temurun dan semoga kedepan menjadi budaya yang terus kita lestarikan bahwa anak jati Negeri Seribu Suluk selalu mengisi dan memberikan warna dalam Kancah perpolitikan dan kebijakan di Bumi Lancang Kuning khusus di DPRD Provinsi Riau pada posisi Unsur Pimpinsn.

“Dimulai dari Alm Datuk H.Ismail Suko, Bang H.Chaidir, Bang H.Suparman, Mak Cik Hj.Septina dan saat ini Ulong H.Syafaruddin Poti,” ungkap Ismail Dt Podano Montoi.

Datuk juga menghimbau, mari kita jadikan amanah atas hidayah ini sebagai motivasi dan spirit dari generasi Ke generasi kita di bumi Negeri Seribu Suluk, apalagi pesta demokrasi sudah kita lewati bersama dengan penuh edukasi, dan saatnya kita bersama sama kembali mengisi dan membangun kampong halaman kita Negeri Seribu Suluk khususnya dan Lancang Kuning pada Umumnya.

“Sebagai mana yang ditunjuk ajarkan oleh adat kita yaitu Sociok Bak Ayam Sodinciang bak bosi, so iyu sokato, bersatu kita teguh dan bercerai Kita runtuh,” harap Sang Datuk yang juga pernah jadi Ketua Ikatan Pelajar Riau Yogyakarta (IPRY 1999-2000).

Dilantiknya H. Syafaruddin Poti ini, sebagai Wakil Ketua DPRD Riau merupakan catatan sejarah yang ditorehkan oleh anak anak komonakan Luhak Kepenuhan Negeri Beradat ini, H.Syafaruddin Poti suku Ampu Luhak Kepenuhan anak komonakan pertama jadi anggota DPRD Riau, disusul Alm H. Masgaul Yunus suku Kanang Kopuh Luhak Kepenuhan Dan H.Amran Suku Melayu Luhak Kepenuhan.

“Ada bebetapa catatan dari Potatah potitih adat leluhur kita untuk kedepan, supaya kita bisa maju dan berkembang yakni,Tokolibek Ikan Di Ayie lah tau Jantan Botino nyo, artinyo memiliki visi dan cara pandang Jauh Kedepan. Akui Kelebihan Orang berarti kita selalu belajar, Dan Akui kekurangan kita Berarti Kita selalu Introfeksi untuk lebih baik dan hilang kan Sifat dan karakter. Su,uhnyo dolu ino Tontu Adok dan dolu wak dokotiang nyo kaki wak artinya hilang sifat dan karakter selalu mencari salah orang lain,”nasihat Sang Datuk.(oje).

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Tradisi Turun temurun di DPRD Riau dan Catatan Sejarah Anak Jati Negeri Seribu Suluk Isi Unsur Pimpinan DPR"