Ternyata, Ada Jalanan Di Tondomulo Setara Dengan Arena Moto GP

Ojenews.com Bojonegoro,-Tak banyak yang tahu, ada sesuatu yang menarik di Desa Tondomulo, tepatnya di Dusun Bunten. Desa ini masuk wilayah Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro. Dan ternyata, ada jalanan yang cukup menantang bagi pengendara ‘kuda besi’ jenis motor trail.

Jalanan di Dusun Bunten ini, kalau boleh dikatakan setara tantangannya dengan arena Moto GP.

Yang dimaksud setara dengan ‘arena’ tersebut, bukan karena kondisi badan jalan yang rata, dan ada tribun penonton disana sini. Tetapi kelokan, atau tikungan sepanjang jalan poros menuju dusun ini hampir 45 derajat.

Demikian juga yang dimaksud ‘Moto GP’, bukan karena jenis motornya yang melewati jalanan dusun tersebut, melainkan uji nyali bagi mereka yang hobi memacu adrenalin lewat berkendara motor.

Jalanan di dusun ini, memang tidak cocok dengan motor yang ada diajang moto GP, tetapi cocoknya dengan jenis motor trail. Hal ini disebabkan perbedaan kondisi badan jalan. Kalau Moto GP, harus jalan yang rata. Sedangkan motor trail, lebih cenderung digunakan di jalan yang bergelombang.

Disela-sela aktifitas rutinnya, dalam mengawasi pelaksanaan program terpadu lintas sektoral TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke- 105 Bojonegoro yang dipusatkan di Desa Tondomulo, Kecamatan Kedungadem, Pasiter Kodim Kapten Inf Musriyono, mengupas keberadaan jalan yang menurutnya cukup menantang.

Dikatakannya, kelokan atau tikungan yang mencapai hampir 45 derajat, banyak ditemui di Dusun Bunten. Selain kelokan atau tikungan, permukaan badan jalan bergelombang. Sangat menguji nyali bagi yang melewatinya dengan kecepatan lumayan tinggi.

“Kondisi jalan cukup menantang, cocok untuk latihan bagi pemula khususnya biker jenis trail,” ungkapnya, Kamis (25/7/2019).

Ia mengaku, jalan yang ada di Dusun Bunten ini, baginya sudah tidak asing lagi, lantaran dulunya jalanan seperti itu sudah pernah ditaklukkannya. Apalagi sekarang ini, akses jalan poros desa dari Dusun Kedunglele menuju Dusun Bunten di normalisasi, karena menjadi salah satu sasaran fisik di program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke- 105.

“Kendati jalanan Dusun Bunten bisa dijadikan tempat uji nyali bagi bikers pemula, juga mengingatkan akan faktor keamanan bagi yang melintasi jalanan ini. Memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi di waktu yang tidak tepat, justru akan beresiko pada keselamatan orang lain maupun diri sendiri,” pungkasnya.(rls/oje).

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Ternyata, Ada Jalanan Di Tondomulo Setara Dengan Arena Moto GP"