Sumur Bor Benai, Dorong Swasembada Pangan

Tidak ada komentar 110 views

Ojenews.co Kuansing Riau
Bosatu Nogori Maju,-Dalam rangka percepatan Swasembada Pangan Kecamatan Benai Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Provinsi Riau. Pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN 2019 telah membangun sejumlah infrastruktur peningkatan kapasitas sebagai penunjang swasembada pangan tersebut.

Salah satunya di Desa Tebing Tinggi, Kecamatan Benai. Didesa ini masyarakat telah bisa memanfaatkan sumur bor untuk pengairan lahan persawahan di wilayah Pertanian Simandolak. Kemajuan ini diakui oleh Camat Benai Drs.Masnur Judin,MM kepada wartawan www.Ojenews.com, Selasa (1/10/2019) di sela kegiatannya.

“Alhamdulillah, telah dibuat 1 unit sumur bor, dana DAK APBN 2019, Lokasi Desa Tebing Tinggi, satu per satu Infrastruktur pengadaan air akan dibangun dalam rangka mengatasi musim kemarau dalam rangka Kecamatan Benai Swasembada Pangan,” ungkap Masnur.

Menurut Camat ini, dana yang merupakan dari DAK APBN 2019 ini langsung disalurkan dan kelola oleh Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) setempat.

“Dananya disalurkan langsung ke rekening Gapoktan Rumbio Serumpun Desa Tebing Tinggi Kenegerian Simandolak, lahan persawahan Simandolak. Sedangkan Dinas Pertanian hanya sebagai pembimbing para petani kita tersebut,” jelas Masnur.

Kedepannya, lanjut Masnur Judin, Ia selaku Camat Benai berharap agar hal ini bisa terus dilaksanakan. “Selain dari dana DAK pusat ini, pihak desa juga kita harapkan untuk mengalokasikan pembangunan untuk infrastruktur penunjang program swasembada pangan lainnya. Jadi tidak semata mata hanya menunggu alokasi dari pusat saja,” harapnya.(neneng).

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Sumur Bor Benai, Dorong Swasembada Pangan"