SMPN 4 Luncurkan Program,Sapa Siswa Jujur Menuju Sekolah Berintergritas

Kepala SMP Negeri 4 Pekanbaru H.Ridwan,M.Pd

     Kepala SMP Negeri 4 Pekanbaru H.Ridwan,M.Pd

 

 

Ojenews.com.Pekanbaru.Riau.
Pada hakekadnya tujuan dari penyelenggaraan pendidikan bukanlah hanya mengisi pemikiran para peserta didik dengan ilmu pengetahuan atau yang disebut dengan akademis.

Namun hal yang paling penting dan mendasar dalam mendidik merupakan upaya menjadikan para peserta didik tersebut menjadi generasi pelajar yang berbudi pekerti yang mulia.

Salah satu Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 4 Pekanbaru yang beralamatkan di Jalan Dr.Sutomo punya kiat khusus dalam mendidik para peserta didiknya. Kiat tersebut dikemas dalam bentuk progaram Menyapa Siswa Jujur Menuju sekolah Berintergritas.

Program yang dilouncing pada awal November lalu itu terkuak saat Ojenews.com melakukan kunjungan di sekolah tersebut Saptu (19/11/2016). Kepala SMP Negeri 4 Ridwan kepada Ojenews.com memaparkan bahwa program menyapa siswa jujur ini  pada dasarnya merupakan pembentukan akhlak, sifat dan sikap serta kepribadian siswa.

“Kejujuran itu haruslah dimiliki oleh siswa. Intuk itu kita sebagai tenaga kependidikan harus memberikan perhatian lebih terhadap siswa yang  memiliki sikap kejujuran,” sebutnya.

Dicontoh kan Ridwan, seorang siswa yang jujur dalam mengerjakan dan menjawab soal-soal dalam ulangan harian memperoleh nilai 6, ini lebih baik dari pada siswa tersebut dapat nilai 9 tapi menyontek,”ujarnya.

Dari contoh tersebut kata Ridwa, jika kita menyapa dan memberikan perhatian kepada siswa-siswa yang jujur itu maka kedepanperolehan nilai 6 tersebut akan dapat ditingkatkan menjadi 8 bahkan nilai 9,” yakin Ridwan.

Disisi lain Ridwan mengakui bahwa  selama ini kurang perhatian terhadap para siswa jujur tersebut, namun lebih mengutamakan pencapian KKM.

Akan tetapi sambung Ridwan lagi. Untuk menuju pada taraf kejujuran itu tidak hanya dapat dilakukan oleh sekolah. Komunikasi dua arah, orangtua dan guru disekolah haruslah sama-sama menuju kearah itu.

“Kita berharap siswa dirumah juga mendapatkan perhatian terhadap kejujurannya. Misalnya, anak memperlihatkan hasil ulangannya nilai 6 dan ini hasil murni tanpa nyontek, tentulah lebih  baik dari pada nilai anak 9 tapi nyontek. Orangtua tetap harus memberikan dukungan dirumah agar anak terbiasa      dengan kejujuran,” harapnya.(oje).

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "SMPN 4 Luncurkan Program,Sapa Siswa Jujur Menuju Sekolah Berintergritas"