SMP Negeri 34 Gelar Khatam Al-Quran dan Pelepasan Siswa Kelas IX

Ojenews.com Pekanbaru Riau.
Negeri Smart City Madani-Satu kali mendayung 2 atau 3 pulau terlampaui, pepatah ini seirama dengan kegiatan yang digelar oleh SMP Negeri 34 Jalan Kartama Marpoyan Damai kota Pekanbaru, Selasa (30/4/19) pagi.

Sekolah tersebut menyelenggarakan acara Khatam Al-Quran yang diikuti oleh para siswa kelas IX yang berjumlah 200 siswa dan sekaligus melakukan acara pelepasan pada 233 siswa kelas IX tahun ajaran 2018-2019.

Acara yang dilangsungkan di lapangan upacara SMP Negeri 34 itu dihadiri oleh Pengawas Pembina Lasmaria Megawati,MPd, Perwakilan Kemenag Kota Pekanbaru, Lurah, RT dan RW, para guru sekolah SMP Negeri 34 yang telah pensiun, mantan kepala sekolah SMPN 34, Komite beserta jajaran, orangtua siswa, seluruh guru serta staf dan semua peserta didik SMP Negeri 34.

“Dua kegiatan digabungkan dalam satu acara, ini tujuannya agar dapat menggunakan waktu dan biaya lebih efektif.Selain itu khatam Al-Quran dan perpisahan merupakan serangkaian acara yang menjadi satu kesatuan dan untuk itu panitia acara yang terdiri dari Komite sekolah dan orangtua siswa ini menginginkan acara terlihat padat dan meriah maka dua kegiatan ini disatukan dalam satu kegiatan,”kata Kepala SMP Negeri 34 Pekanbaru Dra.Hj.Rima Pepitra MM.

Kehadiran dari beberapa orang yang berjasa mengembangkan SMP Negeri 34 tersebut membuat haru suasana acara.Orang yang berjasa tersebut diantaranya Ibu Dresmawita dan bapak Muhammad Sapri SPd. Kedua tamu istimewa ini terlihat sanggat terharu.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada ibuk Dresmawita dan bapak Muhammad Sapri SPd bisa dan mau hadir pada acara khatam dan perpisahan SMPN 34 ini.Dikepemimpinan dua sosok inilah SMP Negeri 34 saat ini dapat meraih berbagai prestasi baik Akadenmis maupun non akademis.Untuk itu sekali lagi saya mengucapkan ribuan terima kasih atas apa yang telah bapak dan ibu perbuat demi memajukan sekolah ini,”kata Dra Hj Rima Pepitra MM.

Masih keterangan dari Kepala SMP Negeri 34 Hj.Rima sapaan akrabnya.Kegiatan khatam Al-Quran merupakan klimak dari program sekolah mengaji yang diluncurkan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru pada tahun 2013 silam, dan program ini merupakan satu diantara upaya pemerintah meminimalisir buta baca Al-Quran.

“Khatam yang berarti tamat atau habis. Khatam Al-Quran berarti telah menamatkan pembacaan Al-Quran.Acara khatam juga mencerminkan bahwa para siswa kelas IX SMP Negeri 34 telah tamat membaca Al-Quran, dan ini sebagai momentum bagi siswa untuk lebih meningkatkan bacaannya dalam membaca Al-Quran. Membaca Al-Quran tidak boleh terhenti sampai disini, tapi tetaplah rutin membacanya karena akan banyak hikmahnya,” terang Hj.Rima.

Senada dengan Hj.Rima, Wakil Kepala Sekolah SMP Negeri 34 Hasna Eli,S.Pd mengatakan dua kegiatan yang disatukan dalam satu acar itu berkat kerjasama Komite sekolah dengan para orang tua siswa Kelas IX, dan sebagai mana terlihat acara dapat berjalan dengan lancar.

“Acara ini terlaksana berkat upaya komite sekolah dengan wali murid, sementara sekolah hanya memfasilitasi dan Alhamdulillah berjalan lancar,”kata Bu Eli.(dy).

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "SMP Negeri 34 Gelar Khatam Al-Quran dan Pelepasan Siswa Kelas IX"