Shopee Catatkan Tren Belanja Utama Selama Ramadhan dan Pandemi COVID-19

 

Bacaan Lainnya

Ojenews.com Jakarta7 Mei 2020,-Setelah diberlakukannya imbauan physical distancing , terdapat perubahan tren perilaku berbelanja di tengah rutinitas baru yang terpusat di rumah. Sebagai platform belanja online yang menjadi perpanjangan tangan para konsumen Indonesia untuk memenuhi kebutuhan mereka dari rumah, Shopee fokus untuk memberikan pengalaman berbelanja yang nyaman untuk para pengguna melalui kampanye Big Ramadhan Sale #ShopeeDariRumah .

Hal ini tercermin dari upaya Shopee untuk menjaga agar bisnis berjalan dengan normal, dan menjaga akses para pengguna akan kebutuhan esensial yang dibutuhkan di tengah situasi pandemi.Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia mengatakan.

“Tahun 2020 ini mengubah cara kita menjalankan hidup sehari-hari, bekerja, dan juga berbelanja online. Dengan meningkatnya upaya masyarakat untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 dengan beraktivitas dari rumah, kami melihat lebih banyak masyarakat memilih berbelanja online untuk memenuhi berbagai kebutuhan esensialnya, mulai dari perlengkapan rumah, produk-produk kesehatan, hingga perlengkapan ibu dan bayi. Karena melihat pentingnya peran e-commerce di kehidupan masyarakat saat ini, Shopee akan terus berupaya untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan pengalaman berbelanja untuk semua.”ujarnya.

Shopee mencatatkan beberapa tren utama pada platform e-commerce di tengah upaya Indonesia dalam melawan penyebaran virus COVID-19 saat ini:

Meningkatnya permintaan atas produk-produk dari kategori Perlengkapan Rumah,Makanan & Minuman, hingga Kebutuhan Ibu & Bayi di tengah pandemi Dengan adanya pemindahan seluruh aktivitas ke rumah, kebutuhan pokok menjadi pencarian utama masyarakat Indonesia dari awal imbauan physical distancing diberlakukan. Karena masyarakat cenderung berbelanja secara online untuk kebutuhan esensial dan perlengkapan rumah, mitra brand dan penjual di kategori Perlengkapan Rumah, Makanan & Minuman, serta Kebutuhan Ibu & Bayi mendapatkan lonjakan permintaan dari para pengguna Shopee.

Memahami adanya peningkatan permintaan akan produk/kategori ini, selain memastikan
ketersediaan stok barang, Shopee juga berupaya untuk menjaga harga produk untuk berada di
taraf wajar dan sesuai dengan kondisi pasar.Meningkatnya upaya penerapan kebijakan physical distancing saat ini juga telah menghasilkan peningkatan atas kebutuhan sanitasi, yang mengindikasikan produk kesehatan sebagai kategori yang paling banyak dibutuhkan. Sebagai contoh, Shopee melihat adanya peningkatan permintaan sebesar hampir 3X lipat untuk produk hand sanitizer dan masker kain selama satu bulan pertama penerapan imbauan physical distancing dari pemerintah.

“Sehubungan dengan diberlakukannya kebijakan physical distancing selama bulan Ramadhan
tahun ini, Shopee menghadirkan kampanye Big Ramadhan Sale tahun ini untuk memberikan
akses yang lebih baik lagi ke berbagai kebutuhan esensial melalui #ShopeeDariRumah. Kami
tidak hanya memberikan kemudahan berbelanja online , tetapi juga mengajak masyarakat untuk
turut merayakan Ramadhan secara efektif. Kampanye Big Ramadhan Sale kami telah diterima
dengan baik hingga saat ini, terlihat dari bagaimana kenyamanan pengalaman berbelanja para
pengguna kami, yang tentunya berbanding lurus dengan peningkatan bisnis yang dialami oleh
para penjual dan mitra brand kami.”tambah Handhika.

Shopee mencatatkan tren konsumen utama pada minggu pertama Ramadhan Bulan Ramadhan identik dengan waktu dan kegiatan untuk beribadah, refleksi diri secara spiritual, kegiatan berbuka puasa bersama dengan keluarga dan teman, hingga perayaan hari raya Idul Fitri setelahnya. Sehubungan dengan upaya penerapan physical distancing yang berlangsung bersamaan dengan hadirnya bulan Ramadhan, Shopee telah mengamati bahwa masyarakat Indonesia tetap merayakan Ramadhan dari rumah dengan adanya beberapa tren berikut:

● Kecantikan, Muslim Fashion, dan Handphone & Aksesoris menjadi kategori terpopuler: Walaupun masyarakat Indonesia menjalankan ibadah di bulan Ramadhan dari rumah, Shopee tetap melihat adanya peningkatan atas permintaan untuk produk-produk Kecantikan, Muslim Fashion , dan HP.

● Kecenderungan masyarakat Indonesia untuk menjaga kebersihan rumah selama Ramadhan: Produk-produk pada kategori Dekorasi Rumah dan Home & Living melonjak karena kegiatan dipusatkan di rumah selama bulan Ramadhan tahun ini.

Puncak kampanye Big Ramadan Sale #ShopeeDariRumah pertama Melihat situasi pandemi saat ini yang mengharuskan umat muslim untuk menjalankan ibadah di bulan Ramadhan dari rumah, Shopee mengamati adanya peningkatan kegiatan berbelanja di kampanye Big Ramadhan Sale dengan peningkatan 25X lipat terhadap jumlah kunjungan dibandingkan dengan hari biasanya di puncak kampanye Big Ramadhan Sale pertama yang berlangsung pada tanggal 5 Mei lalu. Produk-produk terpopuler meliputi Aksesoris Pengendara Motor, Kerudung dan Pakaian Muslim Perempuan, hingga Perlengkapan dan Aksesoris Dapur.

“Kami berharap rangkaian program yang telah Shopee persiapkan dapat terus menjadi solusi
belanja online yang dapat diandalkan oleh para pengguna. Salah satunya dengan
memanfaatkan 2 periode puncak kampanye Big Ramadhan Sale #ShopeeDariRumah, yakni
Big Ramadhan THR Sale pada tanggal 11 Mei 2020 di mana para pengguna akan dimanjakan
oleh 11 promo, dan THR Ekstra Day di tanggal 15 Mei 2020.”tutup Handhika Jahja.(oje/rls)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *