Sambut Hari Raya Idul Adha, Pemkab Rohil Gelar Pawai Takbir

Ojenews.com.Rohil.Riau.

Bagansiapiapi – Bupati Rokan Hilir (Rohil), H. Suyatno melepas secara resmi peserta pawai takbir sempena menyambut Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriah, di Halaman Kantor Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Rohil Jalan Merdeka, Bagansiapiapi, Kamis (31/9/2017) malam.

“Kami memberikan apresiasi kepada seluruh peserta yang telah mengikuti kegiatan ini begitu semaraknya dibanding tahun-tahun sebelumnya,” ujar Bupati usai melepas peserta pawai takbir.
Bupati mengungkapkan, bahwa pawai takbir yang digelar setiap tahunnya ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dan kebersamaan Pemkab Rohil dengan para peserta pawai. “Mudah-mudahan kedepan kita tingkatkan lagi,” katanya.

Selain itu, ia juga mendoakan Jamaah Haji Rohil yang saat ini sedang melaksanakan Wukuf di Arafah semuanya dalam keadaan sehat. “Tentunya harapan kita sekembalinya dari tanah suci ke Indonesia semuanya dalam keadaan selamat dan mendapatkan haji yang mabrur,” ucapnya.

Momentum Hari Raya Idul Adha ini, menurut dia, hendaknya dijadikan sebagai ajang introspeksi diri untuk melakukan perubahan-perubahan kearah yang lebih baik.

“Mungkin selama ini ada kelemahan kita. Karena itu momen Idul Adha ini hendaknya kita semata-mata meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, itu yang paling utama sekali. Kemudian saling menghargai antara agama satu dengan agama lainnya, hidup saling rukun dan damai antara kelompok satu dengan yang lain, serta tingkatkan hubungan silaturrahmi,”tuturnya.

Pelepasan Pawai takbir ditandai dengan lantunan takbir pertama oleh Bupati Rohil, H. Suyatno, dilanjutkan dengan takbir kedua oleh Ketua DPRD H. Nasrudin Hasan, dan ditutup takbir ketiga oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Rohil, H. Agustiar.

Kemudian diiringi dengan pemukulan beduk oleh Sekretaris Daerah H. Surya Arfan, Dandim 0321/Rohil Letkol Arh Bambang Sukisworo, Kapolres Rohil diwakili Waka Polsek Bangko AKP Dodi, Danlanal Rohil, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) H. Syafruddin, dan Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Rohil H. Wazirwan Yunus.

Ketua panitia penyelenggara acara, H. Julianda mengatakan, kegiatan lomba pawai takbir Idul Adha 1438 Hijriah ini merupakan kegiatan rutinitas Pemkab Rohil yang bertujuan mempererat silaturahmi dan syiarnya Agama Islam.

Dia menyebutkan, total keseluruhan peserta Pawai Takbir Idul Adha 1438 Hijriah sebanyak 49 peserta, dengan rincian Kelompok Miniatur yang diikuti oleh Sekretariat Daerah, Sekretariat Dewan, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan Instansi Vertikal berjumlah 17 peserta.

Kemudian Kelompok Miniatur yang diikuti oleh Mushalla, Sekolah, Lembaga Swasta, Organisasi Masyarakat dan Organisasi Sosial berjumlah 8 peserta. Dan Kelompok Miniatur yang diikuti oleh Masjid berjumlah 3 peserta.

Sedangkan Kelompok Takbir Non Miniatur yang diikuti oleh Sekretariat Daerah, Sekretariat Dewan, OPD dan Instansi Vertikal, Masjid, Mushalla, Lembaga Swasta, Organisasi Masyarakat dan Organisasi Sosial, Sekolah (SMP-SMA sederajat) berjumlah 21 peserta.

“Jadi, total keseluruhan pawai sebanyak 49 peserta. Untuk rute pawai takbir dimulai dari Jalan Merdeka tepatnya dihalaman Kantor BPKAD, kemudian masuk ke Jalan Pahlawan belok kanan menuju Jalan Bangko. Kemudian belok kanan lagi ke Jalan Perwira dan kembali di Jalan Merdeka,” demikian Julianda. (jum/auz)

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Sambut Hari Raya Idul Adha, Pemkab Rohil Gelar Pawai Takbir"