Rumah Singgah Tuan Qadi Jadi Lokasi Welcome Diner Anggota Apeksi

Ojenews.com.Pekanbaru.Riau.
Negeri Smart Sity Madani-Wali Kota Pekanbaru Dr.H Firdaus,MT memandu acara Welcome Dinner peserta Muskomwil I Apeksi di situs budaya Kota Pekanbaru Rumah Singgah Tuan Qadi, Kamis (1/02/2018) malam.

Dihadapan peserta Apeksi, Walikota Firdaus memaparkan asal muasal sejarah Rumah Singgah Tuan Qadi hingga diangkat menjadi salah satu situs budaya di Kota Pekanbaru dan ditetapkan menjadi lokasi tempat Welcome Dinner peserta Apeksi Muskomwil Regional I 2018.

“Bapak/Ibu Walikota sekalian, malam ini acara Welcome Dinner kita mengambil lokasi yang berbeda dari acara welcome Diner acara Apeksi sebelumnya. Kita berada di pekarangan rumah yang sederhana ini tentu punya maksud dan tujuan tertentu dari kami sebagai tuan rumah. Karena rumah ini adalah salah satu dari situs cagar budaya Kota Pekanbaru yang kami namakan Rumah Singgah Tuan Qadi,”Kata Walikota Firdaus.

(foto net) rumah singgah Tuan Qadi

Firdaus, mengisahkan, bahwa Rumah Singgah Tuan Qadi ini dibangun sejak zaman Kerajaan Siak Sri Indrapura, yang mana pada saat itu dipimpin oleh Raja Siak kelima, yakni Sultan Abdul Jalil Muazam Syah pada tahun (1780-1782).

Kala itu, Raja Muazam Syah memberi titah kepada seorang ulama agar menyiarkan dan mengembangkan agama islam di Kota Pekanbaru. Seiring dengan waktu itu pulalah Raja Muazam Syah membangun sebuah rumah untuk Ulama tersebut, yang juga menjadi rumah tempat singgahnya para Sultan-Sultan Siak lainnya yang ingin melancong ke Kota Pekanbaru.

“Tuan Qadi, adalah seorang ulama dari kerajaan Siak. Dia diutus raja Siak untuk mensyiarkan agama Islam ke Kota Pekanbaru dan sekaligus sebagai penghulu untuk menikahkan masyarakat Pekanbaru,”kisahnya.

Dari sejarah itulah, rumah singgah Tuan Qadi ini ditetapkan Pemerintah Kota Pekanbaru sebagai salah satu situs cagar budaya di Kota pekanbaru. Walikota Firdaus juga berharap kepada para peserta Welcome Diner Apeksi dapat menikmati acara dengan nyaman dan santai. Sebelum acara berakhir para tamu juga dimanjakan dengan tampilan seni budaya Melayu dan Walikota Firdaus juga membagikan cenderamata berupa kartu Smart Madani kepada peserta Welcome Diner dari Apeksi.(oje)

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Rumah Singgah Tuan Qadi Jadi Lokasi Welcome Diner Anggota Apeksi"