Melalui Rapat Paripuna Istimewa Hari Jadi Pekanbaru Ke-233, Pemprov Riau Beri Kado Istimewa Berupa RTH

Rapat Paripurna Istimewa hari jadi Kota Pekanbaru yang ke-233

Ojenews.com.Pekanbaru.Riau-
Melalui Rapat Paripurna Istimewa Hari jadi Kota Pekanbaru yang ke-233 tahun ini, Pemerintah Kota Pekanbaru mendapatkan kado istimewa dari Pemerintah Provinsi Riau berupa Ruang Terbuka Hijau (RTH), Jum’at (23/06/17) pagi.

Rapat Paripurna istimewa tersebut juga dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Sahril yang didampingi Wakil Ketua, Sigit Yuwono dan Jhon Romi Sinaga. Hadir dala Rapat istimewa, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, Walikota Pekanbaru DR.H.Firdaus,MT, Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi, Kepala Dinas dan Badan yang ada di Jajaran pemerintah Kota Pekanbaru, serta tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menyampaikan, bahwa peringatan HUT Kota Pekanbaru yang ke-233 ini mempunyai arti yang mendalam. Beberapa program yang telah dicanangkan Pemerintah Kota Pekanbaru seperti kota Smart City Madani ini haruslah direalisasikan, dan termasuk berbagai program lainnya.

Kado RTH itu, ditandai dengan penandatanganan 2 prasasti RTH Putri Kaca Mayang dan RTH Tunjuk Ajar Integritas, yang ditandatangani oleh Gubernur Riau, Arsyadjualiandi Rachman, di ruang Paripurna DPRD Kota Pekanbaru.

“Hari ini, Ruang Terbuka Hijau yang telah kita bangun kita serahkan pengelolaannya kepada Pemerintah kota Pekanbaru dan telah dilengkapi dengan jaringan koneksi internet Wifi. Ini semua agar masyarakat bisa mengakses internet di RTH,”kata Andi Rahman sapaan akrabnya.

Pembubuhan tandatangan oleg Gubernur Riau pada prasasti RTH

Gubri juga berharap program kota cerdas Pekanbaru dapat diadopsi oleh Pemerintah Kabupaten dan Kota lain di Riau. “Teknologi merupakan peran yang sangat penting dalam menciptakan kota cerdas dan kesuksesan menjalankan Smart City harus sejalan dengan Smart Sociaty,” jelas Gubernur.

Dikesempatan itu juga Wali Kota Pekanbaru,DR.H.Firdaus,MT menyebutkan kemajuan dan perkembangannya tidaklah terlepas dari awal pendirian kota Pekanbaru ini. Kota ini tidak hanya tumbuh dan berkembang sebagai mana kita lihat hari ini.

”Kini Pekanbaru memiliki segudang keunggulan. Seluruh infrastruktur yang dibutuhkan sebuah kota diberikan dengan kualitas terbaik. Mulai dari jalan, sekolah, puskesmas dan rumah sakit serta lapangan kerja terbuka lebar,”paparnya.

Enam unsur yang saling bersinergi untuk menciptakan Pekanbaru sebagai Kota Metropolitan yang Madani dan Smart City, ini lah keenam unsur tersebut yakni:

1. Smart Otonomi: Ini berkaitan dengan jajaran pemerintahan yang cerdas, mempunyai visi membangun dan enterpreneur, mau bekerja

keras dan punya komitmen menciptakan pemerintahan yang bersih dan pemerintahan yang baik.

2. Smart People: Smart People sendiri diartikan sebagai masyarakat yang cerdas, mampu bersaing dan siap mendukung tumbuh

kembang kota Pekanbaru sebagai Kota Metropolitan yang smart city.

3. Smart Ekonomi: Pekanbaru harusd tumbuh menjadi kota yang berdaya saiing tinggi terhadap aktivbitas perekonomian. Daya dukung

wilayah yang strategis harus bisa dimanfaatkan untuk kemajuan daerah, khususnya secara ekonomi.

4. Smart Environment: yakni daerah dan masyarakat yang juga mempunyai kepedulian terhadap lingkungan di sekitarnya, mampu

menjalin sinergi.

5. Smart Community: yakni daerah yang dibangun dengan daya dukung tinggi dari komponen masyarakatnya serta

6. Smart Living, yakni kota yang ramah terhadap lingkungan, tetap memperhatikan aspek keindahan, kesejukan, pembangunan yang

berkelanjutan dengan tetap memperhatikan kelayakan lingkungan.

Suasana Sidang Paripurna Istimewa di HUT Kota Pekanbaru ke-233

Kendatipun Malamnya Kota Pekanbaru diguyur hujan namun Rapat Paripurna Istimewa tersebut tetap berjalan dengan sukses. Dalam sambutannya Ketua DPRD Kota Pekanbaru Sahril,SH mengatakan, kemajuan dan perkembangan Kota Pekanbaru hari ini tidak lepas dari

hasil perjuangan dari Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah (Sultan Siak V) yang membangun kota Pekanbaru pada tanggal

23 Juni 1784 dan berdasarkan Perda Pekanbaru nomor 8 tahun 2005, tanggal 23 Juni ditetapkan sebagai hari jadi Pekanbaru.

“Berkenaan dengan sejarah pendirian kota ini hendaknya jangan kita lupakan dan mari kita selalu mengenangnya,” ajak Ketua DPRD Pekanbaru Sahril,SH. (Advertorial/oje).

 

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Melalui Rapat Paripuna Istimewa Hari Jadi Pekanbaru Ke-233, Pemprov Riau Beri Kado Istimewa Berupa RTH"