Rohil Siapkan Lahan 500 H Sebagai Kawasa Percontohan Pertanian

Bupati rokan Hilir H.Suyidno

                Bupati Rokan Hilir  Suyatno                     

Ojenews.com.Rokan Hilir.Riau-Pemkab Rokan Hilir, Provinsi Riau saat ini sedang mempersiapkan 500 hektare lahan di Kepenghuluan Baganjawa Pesisir, Kecamatan Bangko untuk dijadikan sebagai kawasan percontohan pertanian.

“Lahan di Baganjawa Pesisir ini bakal dijadikan sebagai kawasan percontohan pertanian Rohil. Tahap awal rencananya akan kita buat embung untuk mengalirkan air kesawah-sawah atau lahan pertanian yang ada,” kata Bupati Rohil Suyatno usai meninjau lahan pertanian di Kepenghuluan Baganjawa Pesisir, kamis.

Ia mengatakan bahwa Pemkab Rohil saat ini tengah serius mengelola lahan pertanian yang ada, karena menurut dia hidup matinya masyarakat tergantung keberhasilan pertanian sehingga perlu dilakukan pembinaan.

“Lahan lebih kurang 500 hektare ini harus kita kelola dengan baik, termasuk akses jalan masuk ke areal ini,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Gabungan Kelompok Tani Baganjawa Pesisir, Panut mengatakan tujuan kedatangan Bupati Rohil ketempatnya untuk membantu para petani, terutama membuat pintu air, tanggul dan embung.

Ia berharap apabila sudah dibangun nanti diharapkan petani bisa menanam tiga kali dalam satu tahun.

“Kemarin saat air pasang naik tanaman padi disini kena air asin, makanya perlu dibangun tanggul agar air pasang tidak masuk,” katanya.

Petani lainnya, Fajar juga mengharapkan bantuan benih padi dari pemerintah setempat.

“Saat ini semai padi kami sudah mati akibat terkena air pasang. Kalau tak ada bantuan bagaimana kami mau bertani,” keluh Fajar. (ADV) Oleh: jum/auz.

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Rohil Siapkan Lahan 500 H Sebagai Kawasa Percontohan Pertanian"