Ritual Cheng Beng Warga Tionghoa Ramai Datangi Kuburan

Tidak ada komentar 285 views

Ritual Cheng Beng di Rohil

Ojenews.com.Rohil.Riau.

Bagansiapiapi-Warga keturunan Tionghoa yang berasal dari luar daerah maupun luar negeri mendatangi sejumlah perkuburan di Bagansiapiapi, Kecamatan Bangko, Kabupaten Rokan Hilir, guna melaksanakan ritual Cheng Beng atau yang sering disebut dengan ziarah ke makam leluhur.

Tokoh masyarakat Tionghoa, Rendy Gunawan, Selasa (28/3/2017) mengatakan, ritual Cheng Beng ini dilaksanakan 10 hari sebelum 4 April dan sampai dengan 10 hari sesudahnya yang dilakukan secara kekeluargaan.

“Ziarah ke makam leluhur dimulai pada sabtu (25/3/2017) kemaren dan puncaknya pada tanggal 4 April mendatang. Saat ini saja warga tionghoa baik yang berada di Jakarta, Medan, Jawa Tengah, Pekanbaru bahkan dari Malaysia dan Singapura mulai datang ke Bagansiapiapi,” katanya.

Menurutnya, tradisi Cheng Beng yang diperingati setiap tahunnya ini sebagai bentuk penghormatan, bakti dan kesetiaan anak cucu kepada leluhurnya. Generasi penerus diharapkan pula menghormati leluhurnya dalam bentuk menjaga nama baik leluhur dalam sikap dan perilaku masyarakat.

“Kegiatan yang kami lakukan berkumpul bersama keluarga di kuburan untuk berdoa serta memberikan sesaji makanan, membakar hio dan lainnya,” ucapnya.

Cheng Beng ini, lanjutnya tidak hanya dilaksanakan di Bagansiapiapi melainkan diseluruh Indonesia.

“Pada acara puncaknya nanti biasanya diadakan sembahyang diwakili oleh semua marga, yang dimulai pukul 08.00 WIB,” kata Rendy Gunawan.

Untuk perkuburan dikota bagansiapiapi ada dua tempat yakni Kuburan Hua San Ting yang terletak di kepenghuluan Bagan Jawa dan Kuburan pemakaman Ki Lok Ting yang terletak di jalan pelabuhan Baru. Saat ini kedua tempat itu telah ramai didatangi dan tampak bersih. Kemudian pada hari H nya nanti yakni tanggal 4 April dilakukan peletakan Abu di Vihara Sakyamuni.(Jum/auz

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Ritual Cheng Beng Warga Tionghoa Ramai Datangi Kuburan"