Rakor Pilkada, ASN Boleh Ikut Kampanye

Tidak ada komentar 201 views

Pemko, KPU Pekanbaru dan panwaslu pekanbaru satukan persepsi Pilkada 2017 dalam rakor secara bersama-sama, diaula kantor walikota pekanbaru, kamis (15/12).

Ojenews.com, Pekanbaru, Riau-Pemerintah Kota Pekanbaru bersama KPU dan Panwaslu Kota Pekanbaru satukan persepsi lewar rapat koordinasi di Aula Kantor Walikota Pekanbaru, Kamis (15/12).

Diantara persamaan persepsi yaitu dibenarkannya Aparatur Sipil Negara untuk ikut kampanye dalam penyampaia visi dan misi calon walikota dan calon wakil walikota Pekanbaru.

Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Kota Pekanbaru, Azwan mengatakan, secara individual ASN boleh ikut kampanye penyampaian visi misi calon. Yang tidak dibenarkan adalah berkampanye megajak orang mendukung dan memilih satu satu kandidat.

Azwan juga mengatakan, rapat koordinasi ini juga sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Walikota sudah keluar Nomor 570 Tahun 2015 tentang pembentukan tim des Pilkada.

Dikatakannya, sebetulnya tim sudah mulai bekerja sejak SK dikeluarkan. Tugasnya melakukan pengawasan, pelaporan dan evaluasi seluruh rangkaian Pilkada di Pekanbaru termasuk kampanye.

“Kalau ada persoalan akan dilaporkan. Kita akan melaporkan juga berjenjang, kepada gubernur lalu ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri),” kata Azwan.

Dijelaskannya, rapat ini dilakukan juga karena ada miss persepsi, miss komunikasi antara panwaslu, KPU dan petugas tim des di lapangam tentang Alat Peraga Kampanye (APK) di lapangan.

“Dengan ada rapat koordinasi ini diharapkan tidak ada lagi tindakan panwaslu yang serta merta ‘arogan’. Itu masuk ke ruangan membongkar lambang-lambang daerah yang sampai sekarang masih dibenarkan. Itu yang selama ini terjadi,” jelasnya.

Dia juga menuturkan, petugas dari tim desk pilkada ini, akan turun ke lapangan menggunakan surat tugas, kemudian ada atributnya.

“Nanti yang tidak memahami, bertanya kok ada ASN disini. Ternyata ASN juga boleh ikut kampanye. Kampanye merupakan hak dari warga negara,” jelasnya.

Jadi, ASN jangan ragu, silakan mempersilahkan untuk ikut kampanye dalam penyampaian visi misi calon.

“Silahkan saja ikut kampanye. Yang tidak boleh itu mengajak kawan-kawannya atau siapa saja memihak kepada salah satu calon,” tegsnya lagi. (AA)

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Rakor Pilkada, ASN Boleh Ikut Kampanye"