Rakernas IWO Resmi Dibuka, Menjadi Konstituen Dewan Pers Jadi Agenda Utama

Ojenews.com Depok – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ikatan Wartawan Online (IWO) secara resmi digelar di Shakinah Village, Kota Depok, Senin (11/3/2019). Tercatat sebanyak 150 pengurus dan anggota IWO dari seluruh Indonesia turut hadir dalam Rakernas yang digelar selama 2 hari tersebut.

Ketua Umum IWO, Jodhi Yudono dalam sambutannya menegaskan, ada tiga agenda utama yang akan dibahas selama Rakernas. “Yang pertama adalah menuju konstituen Dewan Pers,” ujar Jodhi salam sambutannya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, lanjut Jodhi, di Rakernas akan dibentuk tim perumus yang akan mengawal agenda IWO menjadi konstituen Dewan Pers.

Agenda berikutnya adalah menentukan program kerja IWO dalam jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Selain itu, agenda lainnya adalah sosialisasi Kode Etik Wartawan Online (KEWO).

Jodhi menambahkan kehadiran peserta Rakernas IWO menunjukkan tingginya solidaritas dan rasa kebersamaan untuk mewujudkan IWO menjadi organisasi pers yang besar di masa yang akan datang.

“Kehadiran kita adalah, bahwa kita berdiri di atas kaki sendiri. Bahwa kita tidak bisa didikte oleh siapapun. Kita hadir di sini adalah karena ada rasa sayang diantara kita,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Jodhi juga menegaskan keberpihakan IWO pada aspek kemanusiaan. “Bangsa ini sekarang sudah kehilangan kasih sayang. IWO akan membangunan persaudaraan dan peradaban. Melalui forum Rakernas ini saya tegaskan bahwa IWO peduli dengan kemanusiaan. Kita wartawan, tapi jangan lupa kemanusiaan,” lanjutnya.

Sementara itu, salah seorang peserta Rakernas, Mirdas Aditya mengatakan, bahwa agenda yang dibahas dalam rapat kerja ini sangat menarik untuk diikuti. Sehingga dirinya merasa perlu mengikuti rapat ini hingga usai.

“Kami dari Provinsi Riau, rapat ini sangat penting, membahas masa depan wartawan online,” kata Mirdas yang merupakan Ketua IWO Provinsi Riau tersebut.

Mirdas berharap dengan adanya rapat kerja ini nantinya akan menghasilkan rumusan yang tentunya bermanfaat bagi semua wartawan dan perusahaan pers media online di Indonesia.

“Karena di era industri 4.0 ini semua serba digital, maka posisi wartawan online sangat berpengaruh dan sangat strategis, maka perlu dibahas strategi wartawan online untuk kedepan,” pungkas Mirdas yang merupakan Wakil Pemimpin Redaksi Media Online Datariau.com ini. (rls/oje)

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Rakernas IWO Resmi Dibuka, Menjadi Konstituen Dewan Pers Jadi Agenda Utama"