Program Sekolah Mengaji Sebagai Cerminan Pekanbaru Kota Madani

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru H.Abdul Jamal,M,Pd

Ojenews.com-Program sekolah mengaji yang diluncurkan Pemerintah Kota pekanbaru pada beberapa tahun lalu merupakan salah satu upaya percepatan terwujudnya Visi Antara Kota yakni, Menjadikan Pekanbaru Sebagai Kota Metropolitan Yang Madani.

Melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam hal ini Dinas Pendidikan, secara langsung memiliki tugas khusus dalam mensukseskan program sekolah mengaji dan menjadi pilar utama dalam membentuk karakter generasi pelajar.

Dinas Pendidikan telah membuktikan upayanyatanya dalam menerapkan program sekolah mengaji seperti yang dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Pekanbaru H.Abdul Jamal,M.Pd diruang kerjanya Kantor Dinas Pendidikan Pekanbaru Jalan Patimura Ujung Gobah Kota Pekanbaru.

Dikatan Kadisdik Abdul Jamal, Program Sekolah Mengaji yang diterapkan saat ini dinilai sangat tepat, karena selain dapat meningkatkan keimanan, dan ketaqwaan, program ini juga dapat menciptakan akhlatul karimah pada generasi muda Kota Pekanbaru yang Madani.

Khatam Al-Quran disekolah sebagai wujud drai pelaksanaan program sekolah mengaji Pemko Pekanbaru

“Kegiatan sekolah mengaji ini selain dari pembentukan karakter generasi yang islami dan  juga menciptakan akhlatul karimah pada generasi. Ini juga salah satu upaya percepatan terwujudnya Visi Antara Kota menjadikan Kota Pekanbaru yang Madani,” Kata Abdul Jamal.

Penerapan program sekolah mengaji disekolah.

Dalam implementasinya program ini dilaksanakan sekolah pada pagi hari selama 40 sampai 45 menit sebelum memulai kegiatan proses belajar dan mengajar disekolah tersebut. Para siswa melakukan pembacaan ayat suci Al-Quran secara bersama-sama dibawah bimbingan guru pembimbing.

Gema wahyu Ilahi ini dapat kita dengar setiap pagi harinya di sekolah-sekolah Kota Pekanbaru dari hari Senin hingga Kamis dan bahkan ada sekolah yang melaksanakan sampai hari Jumat.

kegiatan mengaji yang diadakan di setiap sekolah merupakan upaya untuk membangun generasi cerdas yang dilandasi  iman dan taqwa berakhlaqul qarimah. Kadisdik juga mengakui bahwa program yang dimaksud sudah dilaksanakan dengan baik oleh sekolah- sekolah yang ada di Kota Pekanbaru untuk mewujudkan Pekanbaru menuju kota Metropolitan Madani.

Rajin membaca Al-Quran dapat memberikan ketenangan jiwa


Agar program sekolah mengaji berjalan sebagaimana yang direncanakan dan diharapkan, Abdul Jamal meminta kepada seluruh kepala sekolah di Pekanbaru, khususnya di sekolah negeri, agar terus konsisten menjalankannya. Jangan sampai berhenti, bahkan sedapat mungkin terus ditingkatkan baik kualitas maupun kuantitasnya.

“Kita bersyukur program mengaji ini sudah dilaksanakan di sekolah-sekolah, bahkan hingga kini sekolah sudah melkasanakan 100 persen program ini.  Rata-rata sekolah telah melaksanakan khatam Al-Quran beberapa kali, ini membuktikan program mengaji ini sudah berjalan seperti yang diharapkan,” ujar  Jamal.

Dengan membaca Al-Quran kata Jamal lagi, akan mampu mewujudkan masyarakat berbudaya, bermartabat dan bermarwah serta memiliki iman dan taqwa. Program ini sangat baik untuk meningkatkan kualitas ilmu keagamaan kepada generasi muda bangsa dengan menanamkan rasa cinta. Terbiasa membaca kitab suci Al-Quran merupakan kegiatan positif yang sekaligus sebagai wahana untuk membrantas buta aksara Alquran di Kota Pekanbaru yang Madani .(Adv-Disdik/Diskominfo)(oje).

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Program Sekolah Mengaji Sebagai Cerminan Pekanbaru Kota Madani"