Program Jejak Petualang TV trans7 jelajahi Pitur budaya unik Di Kuansing..

Ojenews.com Kuansing Riau.
Basatu Nagori Maju-Kuansing menjadi kejaran program unik dlm jejak petualang Tv Trans 7 jakarta beberapa hari yang lalu. Keunikan program ini dikemas Dengan beberapa kegiatan diantaranya:

1.Pacu jalur mini di mulai dari melayur jalur di luar parik desa koto teluk kuantan.,dilanjutkan dengan pacu mini Di desa Munsalo kopah.

2.Mencari dan memasak rondang karomak,sejenis rumput tumbuh sendiri di perairan sawah, rasanya nikmat sekali. Uniknya tidak semua orang di kuansing yang tau dengan tumbuhan karomak ini.

3.Hari ketiga melaksanakan Pacu Siluncur enau di desa Pulau Lancang Kec Benai, yg di mulai dgn mencari pelepah atau dahan enau, lalu di buat dan dbentuk miniatur jalur. Lalu di cat agar keliahatan menarik sebagaimana jalur asli.Lalu dilakukan lah lombah siluncur enau di kalangan anak anak dan orang dewasa, sambil bersuka ria.

4.Lalu kegiatan hari ke-4 adalah melaksanakan Permainan rakyat Sepak rago tinggi di dess TiTian
Modang kopah .yang mana kegiatan ini di mulai dsri pembuatan bola dsri rotan mirip dgn bola takraw.

Acara seak rago tinggi ini amat menarik karena peserta sebelum main wajib berwuduk, pakaian melayu lengkap degan jumlah peserta ganjil 7 atau 9 orang.Apabila ada peserta yg jatuh saat menyepak maka ada Para bidadari yg membantu dgn disuguhkan Carano berisikan sirih pinang utk mengobat dan tandanya bisa bermain lagi.

Acara ini juga di hadiri oleh Bupati Mursini dan Sekda serta Camat Kuantan Tengah dan bebrapa kepala OPD di lingkup Kabupaten Kuansing, serta masyarakat menonton dgn semangat dan diringi musik Rarak Godang Kuansing.

Yang tak kalah menarik, bola disepak dengan kaki kanan beralaskan kulit kambing dan sebagainya, peserta lomba berusaha memasukkan kedalam payung yg digantung dengan tali dalam posisi telentang, ini maknanya dalam kehidupan didunia, agar lebih pokus dalam pengabdian pada tuhan agar selalu berbuat jujur dan berguna bagi kehidupan orang lain.

Setelah permainan usai, maka para petinggi dan peserta serta penonton di suguhi penganan khas orang Kuantan yaitu Konji Barayak atau Konji Anak Loba. Acara jejak petualang akan di ditayangkan di TV trans 7 pada tgl 5 Maret 2019 pukul 14.15 Siang.(rls/oje).

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Program Jejak Petualang TV trans7 jelajahi Pitur budaya unik Di Kuansing.."