Polsek Tandun Sosialisasi Kepelajar Bahaya Penyalahgunaan Narkoba.

Pekanbaru.Riau.Ojenews.com-

Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Pekanbaru menggelar pelatihan kewirausahaan di Aula Kelurahan Simpang Tiga, Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru. Kegiatan yang dimulai 18 hingga 24 Agustus lalu itu diikuti oleh 20 orang peserta yang terdiri dari kaum wanita.

Turut Hadir dalam acara tersebut, Muhammad Nasir selaku Lurah Simpang Tiga, dari Disnaker Kota Pekanbaru tampak hadir Drs H Syaharuddin selaku Sekretaris, serta Abdul Rahim selaku Kabid Penta.

Acara ini bertujuan agar meningkatkan keterampilan peserta, terciptanya para wirausaha baru, mengurangi angka pengangguran, serta diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja (dunia usaha, red) secara berkesinambungan. Sehingga setiap angkatan kerja ini, dapat memperoleh pekerjaan dan penghidupan yang layak.

“Pembangunan ketenagakerjaan ini merupakan bagian integral yang tak terpisahkan dari pembangunan. Hal ini bertujuan menyediakan lapangan kerja dan lapangan usaha produktif, yang berkelanjutan,” ujar Kadisnaker Kota Pekanbaru Ir H Johnny MT diwakili oleh Sekretaris, Drs H Syaharuddin.

Dijelaskannya, didalam menghadapi era globalisasi serta MEA sekarang ini, hal tersebut harus dapat disikapi dengan menciptakan atau membangun ekonomi kerakyatan. Masyarakat itu dituntut untuk kemandirian pada diri sendiri. Namun diakui, untuk semua masih difasilitasi oleh pemerintah.

Makanya, sebut dia, melalui program terapan Teknologi Tepat Guna (TTG) ini, Disnaker Kota Pekanbaru sangat berharap pada peserta yang telah menjalani pelatihan supaya berhasil menciptakan kemandirian. Tentunya dapat tercipta wira usaha baru, yang mandiri, inovatif dan berkelanjutan.

“Program terapan TTG ini merupakan proses kegiatan alih teknologi yang relatif sederhana, serta mudah diterapkan, dengan memanfaatkan sumberdaya alam dan sumber daya manusia setempat (lokal) sehingga dapat menciptakan produksi (barang dan jasa). Kegiatan ini didanai melalui APBN di Kemenaker RI Tahun 2017. Dengan tujuannya meningkatkan kesejahtraan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Abdul Rahim selaku Kabid Binapenta dalam paparanya pada peserta, mengatakan, Disnaker Kota Pekanbaru mendapat alokasi APBN dari Dit PPKK Kemenaker RI dengan kegiatan TTG sektor jasa dan industri kreatif.

“Dengan adanya program terapan ini mampu meningkatkan kesejahtraan masyarakat, dan mencipta lapangan pekerjaan. Karena, program terapan TTG ini diarahkan kepada pemberdayaanya ekonomi masyarakat. Sasaranya adalah masyarakat pengangguran dan juga setengah penganggur,” terangnya.

Lurah Simpang Tiga, Muhammad Nasir mengatakan dengan adanya kegiatan ditaja oleh Disnaker Kota Pekanbaru, ini sangat besar manfaatnya bagi masyarakat setempat. Sebab sambung dia, pelatihan yang diberikan dapat membuka lapangan kerja atau terciptanya wira usaha.

“Acara ini, sangat berperan di dalam membantu masyarakat. Khususnya ini di dalam menciptakan wira usaha yang baru. Diharapkan, masyarakat mendapat pelatihan ini memanfaat program. Sehingga, dari kehidupan bisa sejahtera. Seiring perekonomian turut serta meningkat,” sebutnya (Disnaker/Kominfo).

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Polsek Tandun Sosialisasi Kepelajar Bahaya Penyalahgunaan Narkoba."