Polres Rohil Gelar Wirid Yasin dan Tausiah Bertema ‘Memandikan Jenazah’.

       Praktek memandikan jenazah

Ojenews.com.Rohil.Riau.

Bagansiapiapi-Mapolres Rokan Hilir (Rohil) menggelar pengajian wirid yasin yang diikuti seluruh personel Polres Rohil. Acara yang dipusatkan di masjid Al Ikhlas Polres Rohil itu diisi dengan kegiatan penyampaian tausiah oleh Ustadz Hilman SPdi.

“Alhamdulillah kita kembali melaksanakan tausiah terhadap personel Polres Rohil, dimana tema tausiah kali ini yang disampaikan ustadz tentang tata cara pemandian Jenazah. Sebagaimana yang diketahui memandikan jenazah merupakan salah satu dari pelaksanaan fardhu kifayah,” kata Kasubag Humas Polres Rohil, Aiptu Yusran Pangeran Cherry, Jumat (28/7/2017) melalui pesan WhatsApp (WA)nya.

Sebelum ustadz menyampaikan tausiah, kegiatan itu diawali dengan     pembacaan Surah Yasin oleh M Lubis. Kemudian barulah dilanjutkan dengan doa serta menyampaikan tausiah agama. Tausiah kali ini mengambil tema “bagaimana cara memandikan jenazah”, sebagaimana kita ketahui bahwa memandikan jenazah adalah merupakan salah satu dari pelaksanaan fardhu kifayah dan wahib kita ketahui. Untuk memandikan jenazah yang paling utama adalah muhrimnya, seperti orang tua kita ataupun saudara kita,” jelas Cherry.

Ia juga menyampaikan apa yang disampaikan ustadz tentang syarat-syarat dari memandikan jenazah. Yang pertama sebutnya Jenazah adalah seorang muslim, masih ada sisa bagian dari tubuh jenazah, mandikan jenazah di tempat yang sunyi atau tempat tertutup dan yang memandikannya adalah Muhrimnya seperti anaknya, pamannya atau saudaranya.

Selanjutnya memandikan jenazah dengan lembut dan auratnya tetap tertutup, menyiramkan air suci yang mensucikan untuk digunakan memandikan jenazah, menggunakan sabun dan kapur barus.

Dilanjutkan, sebelum dimandikan jenazah tentunya diwudhukan terlebih dahulu dan selanjutnya menyiramkan jenazah bagian atas sebelah kanan sebelah kiri sebanyak tiga kali, dilanjutkan dengan menyabuni jenazah dan membersihkan kotoran yang ada di tubuh jenazah hingga bersih.

Selanjutnya dimandikan jenazah dengan menggunakan air yang bercampur kapur barus.

Usai pelaksanaan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Kegiatan itu juga turut dihadiri oleh KaPolres Rohil AKBP Henry Posma Lubis SIK MH, Waka Polres Rohil Kompol Kurnia SIK, Para Kabag, Kasat, Perwira Polres Rohil, personel, Polri dan Polwan Polres Rohil.Penulis : jum.

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Polres Rohil Gelar Wirid Yasin dan Tausiah Bertema ‘Memandikan Jenazah’."