Plh Bupati Rohul Serahkan Zakat Ziraah Pada BAZNAS

Tidak ada komentar 177 views

Ojenews.com Rohul Riau

Negeri Seribu Suluk,-Pelaksana Harian (Plh) Bupati Rokan Hulu (Rohul), H. Abdul Haris S.Sos, M.Si, membayarkan kewajiban zakat ziraah atau biasa disebut zakat pertanian dan perkebunannya ke BAZNAS.

Zakat pertanian dibayarkan Plh Bupati Rokan Hulu usai Peluncuran “Gerakan Cinta Zakat” yang digagas oleh BAZNAS Kabupaten Rokan Hulu‎ di Convention Hall Masjid Agung Islamic Center, Pasirpengaraian, Jumat pagi 30 April 2021.

Setelah mengisi formulir, Abdul Haris membayarkan zakat pertaniannya secara simbolis kepada Ketua BAZNAS Rokan Hulu Drs. H. Armen ZA.

Pria yang akrab disapa Bang Haris ini mengatakan di bulan suci Ramadan, ada kewajiban umat membayar zakat fitrah dan zakat maal atau zakat penghasilan.

Abdul Haris mengaku membayar zakat melalui BAZNAS Rokan Hulu karena lembaga ini telah mendapatkan rekomendasi dari BAZNAS pusat untuk pemungutan dan penyaluran zakat ke masyarakat yang membutuhkan.

“Selain melalui BAZNAS Rokan Hulu, masyarakat atau perusahaan juga bisa membayarkan zakatnya melalui UPZ (Unit Pengumpulan Zakat) yang sudah dibentuk di kecamatan dan desa,” saran Abdul Haris yang juga menjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Rohul.

Haris mengajak masyarakat, perusahaan, Perbankan, pengusaha, dan pedagang di Kabupaten Rokan Hulu untuk menyalurkan zakatnya melalui ZAKAT atau UPZ setempat.

Sementara, Ketua BAZNAS Rokan Hulu, Armen ZA, mengatakan zakat yang diserahkan Plh yaitu zakat‎ ziraah atau zakat pertanian dan zakat perkebunan ke pihaknya sebesar Rp.2 juta.

Armen juga mengajak masyarakat, perusahaan, Perbankan, pengusaha dan pedagang untuk menyalurkan zakatnya ke BAZNAS Rokan Hulu.

Pembayaran zakat sendiri bisa dilakukan setahun sekali atau setiap bulan. Zakat yang terkumpul akan disalurkan pihak BAZNAS Rokan Hulu‎ ke penerima atau mustahiq sesuai asnaf zakat atau golongan orang yang berhak menerima zakat.

Pria yang akrab disapa Haris ini berharap seluruh wajib zakat yang ada di Kabupaten Rokan Hulu, termasuk perusahaan yang memiliki kewajiban, untuk membayar kewajiban zakatnya melalui BAZNAS Rokan Hulu yang sudah eksis memungut dan mendistribusikan zakat kepada masyarakat, atau Unit Pengumpul Zakat yang sudah terbentuk di tingkat kecamatan dan desa.

“Mungkin selama ini sudah dilaksanakan namun dengan cara yang masing-masing untuk membayar zakat. Namun kita menganjurkan seluruh masyarakat dan perusahaan bisa membayar zakatnya melalui BAZNAS maupun UPZ,” ajak Haris.

Pria yang pernah menjabat Staf Ahli Bupati Rokan Hulu ini juga berharap potensi zakat yang cukup besar di Kabupaten Rokan Hulu bisa termaksimalkan, sehingga bisa menyelesaikan persoalan-persoalan umat.

“Tentunya zakat yang terkumpul juga akan dibagikan ke mereka yang berhak menerima zakat tersebut,” tandas Plh Bupati Rokan Hulu, Abdul Haris.

Masih di tempat sama, Ketua BAZNAS Kabupaten Rokan Hulu,‎ Drs. H. Armen ZA, mengaku peningkatan pengumpulan zakat di Negeri Seribu Suluk, setelah adanya rekomendasi dari BAZNAS pusat dari tahun ke tahun terus meningkat.

Armen mengaku saat Komisioner BAZNAS Rokan Hulu dilantik‎ pada 2017, pengumpulan potensi zakat baru sekira Rp.3,7 miliar.

“Dan alhamdulillah, naik terus setiap tahun lebih dari 20 persen,” jelas Armen, dan menambahkan kenaikan potensi zakat yang berhasil dikumpulkan sampai Rp.4,7 miliar lebih.

“Ini semua berkat perjuangan dari Bidang Pengumpulan, dan tentunya kami secara umum di Komisioner BAZNAS Rokan Hulu,” tambahnya.

Armen mengaku pengumpulan zakat terbesar saat ini masih dari kalangan PNS di lingkungan Pemkab Rokan Hulu, mencapai 97 persen.

Sedangkan tiga persen lagi dari masyarakat dan perusahaan. Sedangkan untuk perusahaan yang rutin membayarkan zakatnya setiap bulan, yaitu pihak PTPN V, Bank Perkreditan Rakyat atau BPR Rokan Hulu, serta Perusda atau Perumda Rokan Hulu Jaya.‎

Untuk zakat disalurkan PTPN V ke BAZNAS Rokan Hulu sendiri mencapai Rp.35 juta per bulan sebelum pandemi Covid-19, namun saat pandemi sekarang.(rat/rls).

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Plh Bupati Rohul Serahkan Zakat Ziraah Pada BAZNAS"